Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akibat Pandemi, BI Sumut Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dari Segala Penjuru, Seperti...

Akibat Pandemi, BI Sumut Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dari Segala Penjuru, Seperti... Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Di tengah berbagai tantangan global, nasional hingga regional akibat pandemi Covid-19 yang cukup berat, Bank Indonesia Wilayah Sumut gelar webinar sebagai pemicu semangat untuk terus mengembangkan kapasitas diri, institusi dan tentunya daerah Sumut.

Kepala Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan dalam melaksanakan fungsinya sebagai strategic advisor di daerah, Bank Indonesia senantiasa berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari berbagai komponen.

Baca Juga: Dilaporkan Nasabahnya ke Polisi, Begini Tanggapan Bos Maybank Indonesia

"Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 telah berdampak pada Perekonomian seluruh dunia, tak terkecuali Sumatera Utara. Berdasarkan data yanp dirilis BPS di tanggal 5 November kemarin, Sumatera Utara mencatat kontraksi ekonomi -2.60% (yoy) pada triwulan III 2020. Kontraksi ekonomi ini sedikit membaik jika dibandingkan kontraksi di triwulan II tahun 2020, yanp tercatat -2.66% (yoy)," katanya, Senin (9/11/2020).

Baca Juga: OJK Dukung Skema Baru PLJP Bank Indonesia

Dikatakannya, pemulihan ekonomi yang sedikit demi sedikit dilakukan, telah membawa Sumut ke angka pertumbuhan ekonomi diatas ekonomi nasional, yang terkontraksi lebih dalam -3,49 persen. Hal ini menandakan Sumut memiliki potensi ekonomi yang cukup besar sehingga cukup resilien.

"Sektor yang memberikan kontribusi besar yakni dari transportasi yang tumbuh sebesar 5,62 persen (qtq), dan listrik, air dan gas sebesar 4,71 persen (qtq)," ujarnya.

Berita baiknya berbagai usulan pemberian stimulus perekonomian dimasa pandemi yang dapat meningkatkan konsumsi serta kegiatan usaha melalui kredit. Dan ini terus kita upayakan bersama pemerintah daerah.

"Masih dalam spirit yang sama, yaitu menggencarkan promosi potensi yang ada di Sumut, Bank Indonesia mengadakan Lomba Penulisan Profil Potensi Daerah, yang dapat diikuti oleh seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumut, dengan batas akhir pengumpulan karya pada tanggal 24 November 2020." katanya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: