Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wadaw, IHSG Dibuat Keok Sama BCA dan BRI, Saham 2 Emiten Raksasa Naik di atas 150%!

Wadaw, IHSG Dibuat Keok Sama BCA dan BRI, Saham 2 Emiten Raksasa Naik di atas 150%! Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perlambatan perekonomian membuat sektor perbankan cukup tertekan. Terlihat dari ekonomi Indonesia kuartal II-2020 yang minus 5,32%, ada andil sektor perbankan yang minus 10,32%.

Pelemahan ekonomi ini telah memicu peningkatan non-performing loan (NPL) perbankan. Hal ini akibat debitur tidak mampu atau terhambat melakukan pembayaran kredit ke bank.

Lantas, selain soal NPL, seperti apa pula pengaruh penurunan pertumbuhan tersebut terhadap harga saham emiten-emiten perbankan di bursa saham?

Baca Juga: IHSG Balas Dendam, Bursa Pekan Ini Ditutup Apresiasi 2,56%

Mengutip riset Lifepal, Jakarta, Kamis (17/9/2020), meskipun menurut data BPS ada penurunan pertumbuhan pada sektor jasa keuangan, nyatanya ada emiten-emiten pada subsektor jasa keuangan yang pergerakan harga sahamnya masih di atas performa indeks Finance dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Sebaliknya, ada pula yang performanya di bawah performa indeks tersebut. Sementara itu, dari sisi kredit macet, ternyata mayoritas bank BUKU IV yang dijadikan sampel, mengalami kenaikan NPL akibat pandemi ini.

Data-data ini dapat menjadi beberapa dari sekian banyak faktor yang perlu diketahui calon investor untuk membuat pertimbangan matang, sebelum berinvestasi di emiten perbankan tertentu. Ada dua emiten dengan kapitalisasi besar yang kinerjanya mengalahkan IHSG dan Indeks Finance, mereka adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: