Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ustadz Abdul Somad Melejit di Survei Capres, Kalahkan Menteri, Ketua DPR, Hingga Habib Rizieq

Ustadz Abdul Somad Melejit di Survei Capres, Kalahkan Menteri, Ketua DPR, Hingga Habib Rizieq Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meski pemilu masih lama, yakni sekitar tiga tahun mendatang, namun lembaga survei sudah merilis hasil jejak pendapatnya mengenai sosok-sosok yang dianggap potensial menjadi calon presiden (capres) pada 2024. Ustadz Abdul Somad dan Habieb Rizieq terjaring dalam survei ini.

Parameter Politik Indonesia (PPI) yang merilis hasil survei terbarunya. "Bahan rilis ini sangat terbuka untuk dikutip dan disebarkan oleh rekan-rekan media," ungkap Direktur Eksekutif PPI Adi Prayitno, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Bukan Main! UAS Masuk Top of Mind Capres 2024, Kalahkan Mahfud MD

Hasilnya, survei PPI juga menunjukkan elektabilitas penceramah kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) melejit, bahkan mengalahkan nama-nama seperti Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mantan pemimpin FPI Habib Rizieq, hingga Ketua DPR Puan Maharani.

UAS mendapatkan elektoral sebesar 1,6% mengungguli Mahfud 1,5%, Habib Rizieq 0,8%, sementara Puan Maharani 0,7%. Padahal UAS sendiri dikenal sebagai pendakwah dan tak pernah menduduki jabatan politik apa pun.

Top of mind nomor satu survei PPI diduduki Prabowo Subianto dengen elektabilitas 19,9%, disusul Anies Baswedan 11,9%, Ganjar Pranowo 11,3%, serta Ridwan Kamil 4,1%.

PPI juga merilis elektibilitas partai politik jika Pemilu dilaksanakan pada saat ini dengan PDIP 25,1%, Golkar 11,2% di susul Gerindra dengan 10,9%. Kemudian PKB 8%, Demokrat 6%, PKS 5,8%, dan Nasdem 5,4%.

Adapun survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan 1.200 responden dengan data 6 ribu target yang pernah diwawancara tatap muka pada September 2017-Desember 2020. Margin of error survei PPI sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: