Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dirongrong KLB, Kekuatan 'Cikeas' SBY-AHY Perlu Ambil Pilihan Pahit Ini

Dirongrong KLB, Kekuatan 'Cikeas' SBY-AHY Perlu Ambil Pilihan Pahit Ini Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

Desakan penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat oleh sejumlah mantan kader dan petinggi partai terus makin menggema. Mereka mengklaim bahwa KLB tinggal menunggu pelaksanaan saja.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami partai berlambang bintang mercy tersebut. Di saat partai politik perlu menyiapkan strategi politik jelang pemilu 2024, Demokrat justru dirundung konflik internal.

Baca Juga: Moeldoko Tetap Diidolakan, Kubu KLB Demokrat Juga Masukkan Ibas Lawan AHY

"Jika perpecahan terjadi, tentu Demokrat akan mengalami masa sulit. Selain berkurangnya kekuatan konsolidatif, juga berimbas pada penggembosan suara di Pemilu 2024," ujarnya saat dihubungi, Rabu (3/3/2021).

Dedi mengaku tidak yakin bahwa KLB yang digelar secara prematur, tanpa restu Majelis Tinggi Partai, akan berhasil. Paling jauh, menurutnya, dampak dari isu KLB ini berisiko melahirkan partai baru.

"Jika itu terjadi, Demokrat yang di dalamnya ada SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) yang tetap akan dominan," kata alumnus Universitas Telkom Bandung ini.

Menurut Dedi, dalam situasi yang tidak biasa, Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perlu melakukan dua langkah pilihan. Keduanya mungkin saja dianggap pahit karena menyangkut eksistensi 'Cikeas' yang terganggu.

"Pertama, dibukanya ruang dialog untuk mengakomodasi berbagai kepentingan. Kedua, Demokrat tetap konsisten dengan terus lakukan perlawanan kepada kelompok KLB," tandasnya.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: