Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Raih Penghargaan Internasional, Airlangga Hartarto Menteri Andalan Jokowi

Raih Penghargaan Internasional, Airlangga Hartarto Menteri Andalan Jokowi Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi -

Ketua Fraksi Partai Golkar MPR Idris Laena mengapresiasi penghargaan Pemerintah India kepada Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto terkait keberhasilan pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19.

Idris bilang, buah pikiran dan kerja keras Airlangga juga berdampak terhadap pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 di India.

"Menko Perekonomian, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai sebagai tokoh Indonesia yang memberi konstribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19. Sebagai kader, kami bangga atas apresiasi yang diberikan Pemerintah India," ujar Idris belum lama ini.

Baca Juga: Airlangga-Ganjar untuk Pilpres 2024? Katanya Bisa Jadi Penyejuk bagi Indonesi

Diketahui, Airlangga Hartarto mendapat anugerah Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery, pada pelaksanaan The 37th Anniversary Global Awards Function secara virtual, Senin (20/9).

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) itu dinilai memberi konstribusi besar dalam memformulasikan keĀ­bijakan yang koordinatif, komprehensif, dan inklusif. Termasuk memberi bantuan gagasan kebiĀ­jakan kepada Pemerintah India terkait penanganan Covid-19.

Berbagai tokoh dunia yang telah menerima Priyadarshni Academy Global Awards, antara lain Presiden Ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri pada The 14th Anniversary Global Awards untuk nominasi Global Award for Outstanding Contribution to Promotion of International Understanding.

Lalu, PM Jepang Shinzo Abe pada The 30th Anniversary Global Awards untuk nominasi Global Awards for Outstanding Contributions to Strengthening Indo-Japanese Relations.

Berikutnya, Menteri Negara Finlandia Elisabeth Renn pada The 34th Anniversary Global Awards untuk nominasi Global Awards for Outstanding Contribution to the Promotion of Peace and Crisis Management.

Melanjutkan keteranganya, Idris mengatakan, pemberian penghargaan tersebut juga menegaskan keberhasilan Presiden Jokowi mengatasi persoalan ekonomi dan pandemi Covid-19. Menurutnya, Presiden telah memilih orang yang tepat menjalankan visi dan misinya di tengah situasi pandemi global hingga mendapat pengakuan dari negara lain.

"Saya berani mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional, Airlangga Hartarto menjadi menteri yang diandalkan Presiden Jokowi. Tidak mudah bagi negara sebesar Indonesia bisa sampai pada posisi ini," tegas anggota Komisi VI DPR ini.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengatakan, tidak ada negara yang menghadapi situasi pandemi Covid-19 sendirian. Dia sangat menghargai kerja sama dan hubungan baik Indonesia-India yang telah terbangun sejak lama.

Airlangga juga menegaskan, penghargaan tersebut merupakan milik seluruh rakyat Indonesia yang sedang berjuang untuk memulihkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

"Penghargaan ini pengakuan atas kehadiran dan ikhtiar Kemenko Perekonomian di tengah situasi pandemi Covid-19 yang menimbulkan dinamika dan tantangan yang luar biasa bagi masyarakat serta perekonomian Indonesia," ujar Airlangga dalam sambutannya.

Airlangga menerima penghargaan bersama lima orang tokoh asal India, Korea Selatan, dan Inggris. Para tokoh tersebut dianugerahi Priyadarshni Academy Global Award tahun 2021 atas kontribusi signifikan di bidang ekonomi, gender, lingkungan, dan dunia hiburan.

Mereka adalah Gautam Adani (Founder and Chairman Adani Group Ahmedabad, India), Sang-Hoon Bang (President & CEO The Chosunibo, Korea Selatan), dan Gurudev Sri Ravi Shankar (Founder The Art of Living Bengaluru, India).

Selanutnya, Lord Nicholas Stren (Chair Grantha Research Institute on Climate Change and Environment The London School of Economics, Inggris) dan Baroness Sandip Verma (Chair UN Women dan Member of The House of Lords, Inggris).

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: