Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Vaksinasi Sinovac Bergulir, Warning Airlangga: Jangan Lengah Prokes!

Vaksinasi Sinovac Bergulir, Warning Airlangga: Jangan Lengah Prokes! Kredit Foto: Viva
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah hampir sepekan ini sudah menjalankan vaksinasi COVID-19 Sinovac di berbagai daerah. Masyarakat diminta jangan lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan atau prokes 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menyampaikan penting bagi masyarakat agar tak mengendurkan penerapan 3M. Sebab, program vaksinasi baru bergulir, namun belum bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat karena baru beberapa hari.

Menurutnya, program vaksinasi masih perlu waktu untuk membentuk kekebalan komunitas. Maka itu, meski vaksinasi sudah bergulir, semua pihak harus terus berdisiplin menerapkan 3M.

Baca Juga: Anies dan Wakilnya Tak Divaksin Sinovac, PDIP DKI Keluarkan Seruan: Warga Contoh Jokowi

“Jangan kendurkan disiplin 3M. Semua pihak harus bekerja sama, disiplin, jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Airlangga, dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 18 Januari 2021.

Dia melanjutkan, naiknya kasus positif harian dalam beberapa hari terakhir lantaran kendurnya penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, jika dirunut masa inkubasi virus COVID-19 sekitar dua pekan, lonjakan kasus yang menyentuh rekor pada akhir pekan ini sebagai akumulasi penularan saat libur akhir tahun.

Pun, ia menyampaikan Satgas Penanganan COVID-19 juga mencatat terjadinya rekor baru kasus harian positif COVID-19 berturut-turut. Dengan rekor tersebut menjadi tertinggi sejak COVID-19 melanda Tanah Air.

Kemudian, ia berharap agar pemerintah daerah dan aparat yustisi bisa punya ketegasan dalam mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat. Faktor ini yang berpotensi menjadi klaster penambahan kasus COVID-19.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: