Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tumben-tumbennya, Sri Mulyani dan Rizal Ramli Satu Perahu

Tumben-tumbennya, Sri Mulyani dan Rizal Ramli Satu Perahu Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi -

Sudah jadi rahasia umum jika Rizal Ramli alias RR dan Sri Mulyani seperti Tom and Jerry. RR sering mengkritik kebijakan yang dikeluarkan Menteri Keuangan itu. Namun, soal proyeksi pertumbuhan ekonomi 2021, keduanya optimis tahun ini bisa tumbuh positif. Tumben nih...

Sri Mulyani merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi 2021. Dari yang awalnya dipatok pada kisaran 4,5 sampai 5,5 persen turun sedikit menjadi 4,5 sampai 5,3 persen. Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani saat jumpa pers Lembaga Pengelola Investasi (LPI) di Istana Negara, Selasa (17/2).

Menurut eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi tersebut masih menggambarkan bahwa pemerintah optimis akan mencapai 5 persen. Optimis itu didukung dengan berbagai indikator ekonomi yang menunjukkan adanya perbaikan meski ada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca Juga: Geger Buzzer dan Influencer Digaji Pakai Duit Negara, Stafsus Sri Mulyani Buka Suara

Trend perbaikan itu, kata Sri Mulyani, sudah terlihat di awal-awal kuartal pertama tahun ini.

“Dengan kuartal pertama yang cukup solid, kita akan jaga supaya di kuartal kedua dan ketiga akan rebound, atau recovery-nya makin dipercepat,” ujarnya.

Seperti Sri Mulyani, RR ternyata punya optimisme yang sama. Dia yakin ekonomi tahun ini bisa tumbuh. Namun, eks Menko Kemaritiman ini tak memberikan proyeksi yang muluk-muluk.

Dia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi tahun ini ada di kisaran 2 persen. Angka ini lebih rendah daripada yang ditargetkan pemerintah sebesar 4,5 persen sampai dengan 5,3 persen.

Menurutnya, sulit diharapkan ekonomi akan cepat membaik di 2021. Apalagi sebelum ada pandemi saja rata-rata pertumbuhan ekonomi domestik hanya 5,1 persen saja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: