Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sri Mulyani Targetkan RI Jadi Negara Maju Jika Ekonomi Tumbuh di Atas...

Sri Mulyani Targetkan RI Jadi Negara Maju Jika Ekonomi Tumbuh di Atas... Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebelum pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia sudah relatif dalam momentum pertumbuhan yang cukup tinggi. Hal ini dilakukan dengan berbagai upaya, yaitu membangun infrastruktur, reformasi birokrasi, serta memperbaiki iklim investasi.

Dalam sejarah perjalanan negara-negara yang mampu menembus high income country, mereka memiliki pertumbuhan ekonomi di atas 8%.

Baca Juga: Utang Pemerintah Bengkak Terus, Sri Mulyani Keluarkan Komentar

Oleh karena itu, Indonesia juga perlu bekerja sangat detail dan betul-betul memiliki determinasi untuk mengatasi persoalan-persoalan struktural yang kerap menghambat kemajuan negara.

“Kualitas sumber daya manusia menjadi sangat penting, pembangunan infrastruktur masih sangat dibutuhkan meskipun kita sudah melakukan pembangunan yang cukup banyak, birokrasi kita perlu disederhanakan dan diefisienkan, regulasi kita juga perlu disederhanakan, serta ekonomi kita perlu untuk ditransformasikan,” jelas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani seperti dilansir situs resmi Kemenkeu, Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Menkeu menyebut bahwa tantangan untuk mengelola perekonomian suatu negara bukanlah sesuatu yang sederhana, karena perekonomian tidak berjalan secara linier.

Banyak sekali tantangan yang sering terjadi dan berpengaruh bagi perekonomian dalam negeri, seperti krisis finansial di Asia tahun 1997-1998, krisis finansial global tahun 2008-2009, isu geo-political maupun pergantian kepemimpinan dalam suatu negara, isu perang dagang, dan juga saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan luar biasa secara global, yaitu krisis kesehatan akibat COVID-19, yang berimbas pada masalah sosial ekonomi dan keuangan.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: