Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rajapaksa Bersaudara Kembali Ingin Ambil Kuasa di Sri Lanka

Rajapaksa Bersaudara Kembali Ingin Ambil Kuasa di Sri Lanka Kredit Foto: Reuters/Dinuka Liyanawatte
Warta Ekonomi, Colombo -

Rajapaksa bersaudara akan kembali mendominasi politik Sri Lanka. Satu orang akan maju sebagai calon presiden dalam pemilu akhir pekan ini. Satu orang lainnya mengincar posisi perdana menteri (PM) pada pemilu awal tahun depan.

Dua bersaudara itu merupakan perancang strategi politik bagi Partai Sri Lanka Podujana Peramuna yang mereka dirikan. Salah satu keluarga Rajapaksa pun diperkirakan menjadi ketua parlemen. Pria ketiga dari generasi ketiga keluarga itu pun sudah masuk ke dunia politik.

Rajapaksa terkenal untuk upayanya mengalahkan pemberontak separatis Tamil dan menarik Sri Lanka dalam orbit China saat Barat dan India menjauhi negara itu. Kini dua bersaudara itu kembali ke pusat politik dan memicu kekhawatiran baru.

Baca Juga: Masa Keadaan Darurat Sri Lanka Telah Berakhir

Meski tak ada survei resmi, mantan Menteri Pertahanan (Menhan) Gotabaya Rajapaksa diunggulkan memenangkan pemilu presiden pada Sabtu (16/11/2019) mendatang. Lawan utamanya, Sajith Premadasa diperkirakan membayanginya di posisi kedua.

Gotabaya memimpin operasi melawan Macan Tamil saat kakaknya Mahinda Rajapaksa menjadi presiden. Gotabaya menghadapi gugatan di Sri Lanka dan Amerika Serikat (AS) karena tuduhan melakukan pembunuhan terhadap para separatis Tamil, pengkritik dan para jurnalis pada masa perang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: