Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Habis Kena Sanksi Baru Amerika, Huawei 'Terancam' di Polandia

Habis Kena Sanksi Baru Amerika, Huawei 'Terancam' di Polandia Kredit Foto: Instagram
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah mendapat tekanan dari Amerika Serikat karena pembatasan ekspor teknologi terbarunya, kini Huawei terancam terdepak dari pasar jaringan 5G Polandia.

Mengutip Reuters, Kamis (10/9/2020), kriteria yang Polandia susun untuk menilai risiko produsen komponen telekomunikasi berisiko menendang Huawei dari pengembangan jaringan 5G negara itu, menurut perusahaan.

"Kriteria yang diusulkan oleh Polandia bersifat politis, tidak dapat diukur, tidak transparan, dan tidak objektif," kata Direktur Strategi dan Komunikasi Huawei di Polandia.

Baca Juga: Sanksi Baru Amerika ke Huawei Ancam Raksasa Teknologi di 3 Negara

Pada Selasa (8/9/2020), Polandia menerbitkan rancangan undang-undang keamanan siber, memberi waktu 14 hari bagi pihak yang berkepentingan.

UU itu berbunyi, "vendor akan terbagi jadi empat kelompok, tergantung pada potensi ancaman terhadap keamanan siber Polandia."

Lebih lanjut, RUU itu melarang operator telekomunikasi membeli peralatan baru dari pemasok dengan risiko tinggi dan mesti mengganti peralatan yang ada dari pemasok itu dalam waktu lima tahun. Bagi pemasok berisiko sedang, hanya pembelian barang baru saja yang masuk kategori pemboikotan.

"Huawei kemungkinan akan masuk sebagai vendor berisiko sedang, berarti operator tak akan bisa membeli pasokan baru darinya. Namun, mereka tak perlu mengganti komponen 4G," jelas Analis Trigon DM, Dominik Niszcz.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: