Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertama di Indonesia, Amar Bank Terapkan Work From Anywhere Permanen

Pertama di Indonesia, Amar Bank Terapkan Work From Anywhere Permanen Kredit Foto: Amar Bank
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), dengan dua produk unggulannya Tunaiku (platform pinjaman digital) dan Senyumku (bank digital) menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan kebijakan Work From Anywhere (WFA) secara permanen, atau disebut dengan Hybrid Working Style.

Kebijakan ini juga sejalan dengan Cetak Biru Transformasi Digital Perbankan yang diterbitkan pada 26 Oktober oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu poin penting yang disebut dalam cetak biru adalah transformasi desain organisasi perbankan yang mencakup empat aspek: Workplace, Structure, Authority, dan Workforce Enablement. Dalam aspek Workforce Enablement atau Pemberdayaan Tenaga Kerja, tertulis bahwa transformasi bank digital membutuhkan perubahan tempat kerja menjadi tempat kerja digital. Baca Juga: Dukung Inklusi Keuangan, Amar Bank Ikut Meriahkan FinEXPO BIK 2021

Di dalam cetak biru tersebut juga dijelaskan bahwa bank perlu mengembangkan budaya digital sebagai fondasi yang kuat untuk mengubah pola pikir serta pemahaman pengurus dan pegawai bank agar berorientasi pada visi digital untuk mendukung transformasi digital perusahaan.

Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian mengatakan, pandemi ini membuat dunia korporasi menemukan manfaat dari kerja jarak jauh. Kembali ke gaya kerja yang lama, sama saja dengan menggunakan faks setelah adanya penemuan email. Sistem kerja hybrid adalah jalan keluar yang terbaik bagi kedua dunia, baik online maupun offline.

"Kebijakan Ini akan meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan segala keuntungannya yang sudah terbukti. Belajar dari lockdown, saya pikir akan menjadi sia-sia apabila dunia bisnis tidak membuat perubahan ini ke dalam budaya kerja mereka," pungkasnya di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya, dengan cara kerja berorientasi digital dan fleksibel ini, karyawan dapat terus fokus memberikan layanan prima kepada pelanggan secara efisien, beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen, serta dapat menjawab setiap kebutuhan konsumen di saat pandemi ini. 

Meskipun Amar Bank telah menerapkan kerja jarak jauh sebagai bagian dari budaya startup sejak awal tahun 2014, kebijakan Work From Anywhere atau bekerja dari mana saja ini resmi ditetapkan mulai bulan Oktober tahun ini. Baca Juga: Tumbuh 46,72%, Transaksi Digital Banking Tembus Rp28.685 Triliun di Kuartal III

“Pandemi telah berhasil mempercepat transformasi digital bagi kita semua, menunjukkan dan mengajarkan kita tentang gaya bekerja di masa depan. Amar Bank sebagai bank digital telah belajar dan memahami pentingnya fleksibilitas kerja serta work-life balance bagi tenaga kerja kami. Mengadopsi gaya kerja hybrid adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadi tempat kerja terbaik bagi semua talenta terbaik kami,” ucap Pangeran Ambia, Head of People Function Amar Bank.

Selaras dengan nilai-nilai perusahaan, “gesit dan fleksibel”, kebijakan WFA yang diterapkan sejak Oktober memungkinkan karyawannya untuk dapat bekerja secara efektif dan efisien dari mana saja dan kapan saja. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk mengatur pekerjaannya sendiri dan memberikan hasil yang tepat waktu, sambil tetap memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. WFA juga meminimalisir biaya hidup, mengurangi waktu perjalanan serta polusi udara yang bermanfaat tidak hanya bagi pekerja dan perusahaan, tetapi juga untuk lingkungan.

Amar Bank sendiri memiliki tenaga kerja lebih dari 1000 orang dan 85% di antaranya adalah kaum milenial. Keputusan perusahaan untuk mengadopsi gaya kerja hybrid dengan menerapkan kebijakan WFA mencerminkan generasi milenial dan gaya kerja mereka yang fleksibel, yang juga akan meningkatkan inovasi teknologi maupun kinerja Amar Bank di masa depan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: