Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jepang Berada di Ambang Darurat, Indeks Nikkei Memerah Sebatang Kara!

Jepang Berada di Ambang Darurat, Indeks Nikkei Memerah Sebatang Kara! Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ledakan pandemi Covid-19 yang kembali menghantam Jepang membuka peluang bagi Negara Sakura itu untuk mengumumkan keadaan darurat di Tokyo dan tiga wilayah sekitarnya. Kabar tersebut alhasil menjadi sentimen kurang baik bagi pergerakan indeks Nikkei.

Dilansir dari RTI, Nikkei kini menjadi satu-satunya indeks Asia yang memerah dengan koreksi -0,36%. Adapun tiga indeks Asia lainnya kini menghijau, yaitu Hang Seng naik 0,51%, Shanghai naik 0,33%, dan Strait Times naik 0,05%. Baca Juga: Semangat Tahun Baru, IHSG Lari Kencang pada Pembukaan Sesi Pertama

Perlu diketahui, Fuji TV melaporkan pada Senin bahwa virus corona kembali meningkat dan membebani sistem medis negara tersebut. Jepang tercatat mengalami rekor 4.520 kasus pada 31 Desember 2020 dalam gelombang baru infeksi sehingga mendorong ibu kota dan prefektur tetangga untuk meminta pemerintah mengumumkan deklarasi darurat.  Baca Juga: Bukan Kaleng-Kaleng! Nasib Harga Emas Antam Senin, 4 Januari 2021: Terang Benderang!

Namun, seruan tersebut masih ditolak oleh Perdana Menteri Yoshihide Suga karena mempertimbangkan kerusakan ekonomi. Sebagai tindakan sementara, aktivitas bisnis restoran dan tempat hiburan diminta tutup pada pukul 8 malam, sedangkan untuk bisnis yang menyediakan alkohol harus tutup pada pukul 7 malam.

"Jika diumumkan, ini akan menjadi kedua kalinya bagi Jepang memasuki keadaan darurat karena pandemi Covid-19. Yang pertama berlangsung selama lebih dari sebulan musim semi lalu ketika sekolah dan bisnis yang tidak penting diminta untuk tutup," tulis Reuters dilansir pada Senin, 4 Januari 2021.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Bagikan Artikel: