Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, BI Gandeng PP Muhammadiyah

Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, BI Gandeng PP Muhammadiyah Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dan mempererat persaudaraan dengan berbagai komponen masyarakat dalam mengakselerasi ekonomi dan keuangan syariah, guna mendorong pemulihan ekonomi nasional termasuk dengan unsur organisasi masyarakat (ormas).

Dalam kerangka ini, Bank Indonesia dan PP Muhammadiyah menandatangani Nota Kesepahaman yang digelar secara virtual pada hari ini (17/9/2021), demi memperkuat kerja sama yang telah dilakukan selama ini.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam sambutannya menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19 kita terus bersyukur dengan Hidayah-Nya, bangkit dan optimis dalam menjalin sinergi, mempererat persaudaraan, merapatkan barisan berjamaah serta bersama berikhtiar menghadapi tantangan. Baca Juga: Dukung Pemulihan Ekonomi, BI Sumut Gelar Event KKSU secara Virtual

"Kerjasama ini melanjutkan kerjasama sebelumnya yang telah dilakukan juga dengan sejumlah kalangan seperti ormas Islam dan asosiasi, dan ke depan akan terus dikembangkan kerjasama dengan berbagai pihak atau ormas lainnya," ujar Perry.

Lebih lanjut, Perry Warjiyo menuturkan 3 (tiga) aspek penting dalam bekerjasama dengan PP Muhammadiyah. Pertama, pengembangan ekonomi syariah melalui pemberdayaan ekonomi berbasis umat. Beberapa pendekatan dalam pengembangan tersebut diantaranya pendekatan klasterisasi kelompok, peningkatan kapasitas bantuan teknis, akses pembiayaan dan digitalisasi. 

"Kedua, ilmu yang diamalkan. Dalam implementasinya Bank Indonesia melakukan berbagai program pengembangan ekonomi keuangan syariah diantaranya dalam bentuk pelatihan, berbagai program pemberdayaan ekonomi dan keuangan syariah termasuk mengelola wakaf produktif. Ketiga, menjaga silaturahim dan saling tolong menolong, saling mengingatkan dan mengajarkan dalam hal kebajikan," jelas Perry. Baca Juga: BI Prediksi Kredit Baru Meningkat di Agustus 2021

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, turut menyampaikan 2 (dua) hal yang menjadi harapan dalam pengembangan ekonomi syariah. Pertama, untuk meningkatkan kualitas ekonomi umat dari menengah agar naik kelas ke tingkat atas dalam kualitas unggul dan terbaik.

"Kedua, ekonomi dan keuangan syariah diharapkan mampu hadir secara nyata dan semakin baik untuk mengangkat harkat martabat dan memajukan UMKM, mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial serta masalah ekonomi yang dihadapi umat terutama akibat dampak pandemi," ucap Haedar.

Pengukuhan kerja sama Bank Indonesia dengan PP Muhammadiyah diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya kebangkitan ekonomi umat dalam berkontribusi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: