Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Terlibat Langsung, Tapi Percaya Sawit Bukan Penyumbang Emisi Gas

Tak Terlibat Langsung, Tapi Percaya Sawit Bukan Penyumbang Emisi Gas Kredit Foto: Antara/Aswaddy Hamid
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia dalam konferensi di Perancis telah menetapkan akan mengurangi emisi karbon sebanyak 29 persen pada tahun 2030 mendatang. Sebagai komoditas unggulan, kelapa sawit memiliki potensi kontribusi besar untuk mengurangi emisi gas tersebut.

Potensi tersebut sekaligus menjadi bukti untuk mematahkan isu negatif terkait tuduhan bahwa sawit merupakan penyumbang emisi gas terbesar untuk dunia. Terkait isu ini, Mantan Ketua Harian Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), Rachmat Witoelar mengatakan, sebaiknya pihak antisawit bisa melihat langsung proses produksi dan kondisi perkebunan kelapa sawit, sehingga informasi yang simpang siur bisa diluruskan.

Baca Juga: Sawit, Ranking 3 Penyumbang Surplus Sektor Nonmigas Indonesia

“Sebab masih ada anggapan sawit diperluas dengan cara memotong hutan,” ungkap Rachmat seperti dikutip dari InfoSAWIT. 

Menurut Rachmat, untuk menghapuskan isu negatif yang selama ini dituduhkan terhadap kelapa sawit, terdapat lima hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku industri perkebunan. Pertama, guna menjawab secara substansial terkait tuduhan, perlu diberikan informasi bahwa sawit tidak berkontribusi pada peningkatan emisi karbon.

Kedua, produsen kelapa sawit didorong untuk menerapkan intensifikasi daripada ekstensifikasi. Ketiga, industri kelapa sawit diyakini telah menjadi tulang punggung ekonomi bangsa. Keempat, perlu ditekankan bahwa kelapa sawit memberikan manfaat langsung terhadap masyarakat sekitar kebun. Kelima, penerapan High Carbon Stock (HCS). 

Meluruskan persepsi tentang kelapa sawitpun dianggap sebagai agenda penting, bahkan Rachmat menantang pelaku sawit untuk bisa mengundang para penolak sawit dan wartawan ke kebun.

"Kalaupun saya simpati tidak bisa juga saya bilang gini gitu, atau sebaliknya. Kalau mereka berani, mereka bisa undang wartawan atau perwakilan negara barat ke kebun gitu,” pungkas Rachmat. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Alfi Dinilhaq

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: