Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspansif, Mentari Group Siap Buka Pabrik Sawit Baru

Ekspansif, Mentari Group Siap Buka Pabrik Sawit Baru Kredit Foto: Antara/Aswaddy Hamid
Warta Ekonomi, Jakarta -

Selama beberapa tahun terakhir, industri perkebunan sawit memang sempat menghadapi tantangan berat seiring harga crude palm oil (CPO) dunia yang kurang kondusif ditambah dampak pandemi covid-19 yang banyak membatasi kegiatan bisnis.

Namun demikian, manajemen Mentari Group melihat perlahan-lahan bisnis sawit makin membaik setidaknya tercermin dari harga CPO yang di awal 2021 ini lebih kondusif, dipicu oleh sejumlah faktor domestik maupun dorongan harga CPO di pasar global. Di pasar domestik misalnya, pemerintah sedang intensif mendorong peningkatan konsumsi biodiesel yang hal itu diyakini berdampak pada membaiknya permintaan produk sawit di dalam negeri.

"Kami di Mentari Group sangat optimis, prospek bisnis sawit di 2021 dan 2022 akan semakin cerah. Kami akan ekspansi dengan memperluas area penanaman, membuka pabrik sawit baru, dan mengembangkan bisnis logistik sebagai sektor pendukung," jelas Direktur Utama Divisi Sawit Mentari Group, Harry Poetranto, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (21/3/2021).

Baca Juga: Meroket, Harga CPO Masih Prospektif?

Mentari Group sendiri termasuk pemain baru yang tumbuh pesat di bisnis perkebunan kelapa sawit. Group ini baru mulai menggarap bisnis sawit tahun 2014 dengan mendirikan pabrik pengolahan TBS pertama di Selensen, Riau. Sejak itu Mentari Group terus melakukan akuisisi kebun-kebun dan dilakukan perbaikan produktivitasnya.

Saat ini Mentari Group mengelola perkebunan sawit di Riau, Jambi, dan Kalimantan Tengah dengan luas tertanam (planted area) tidak kurang dari 26,8 ribu hektare. Selain itu, perusahaan ini mengoperasikan tiga unit pabrik kelapa sawit (PKS) menengah, masing-masing dengan kapasitas 60 ton TBS/jam. Pada tahun 2021 Mentari Group menargetkan produksi 144.000 ton CPO.

"Masih ada banyak ruang pengembangan usaha yang bisa dilakukan tahun ini. Contohnya ada salah satu kebun kita yang jarak ke pabrik pengolahan terlalu jauh, kami berencana akan kami bangun pabrik baru di sana agar lebih efisien dan sekaligus untuk mencari tambahan pasokan (sourcing) buah sawit dari petani sawit sekitarnya," ungkapnya.

Mentari Group sendiri awalnya bergerak di bidang trading komoditas seperti gula, molasses, dan beberapa produk hasil pertanian, namun kemudian ekspansi ke bisnis hulu sawit. Mentari Group pun mengelola bisnis transportasi dan logistik guna menopang bisnis perdagangan dan perkebunan sawit, melalui dua anak usahanya yang lain.

"Kami akan tingkatkan sinergi antar-unit bisnis untuk memperkuat value chain dan akan segera menggandeng mitra investor yang punya visi sama untuk memperkuat pertumbuhan," jelas Harry menerangkan.

Dua tahun terakhir merupakan tahun yang penuh tantangan bagi Mentari Group antara lain disebabkan harga komoditas sawit yang saat itu belum kondusif. Tak heran, saat itu ada salah satu anak usaha Mentari Group yaitu PT Mentari Agung Jaya Usaha yang mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran cicilan ke beberapa krediturnya hingga kemudian menjadi sengketa di pengadilan.

Baca Juga: Beri Kabar Baik di Pekan II Maret, Harga CPO Cetak Rekor di Satu Dekade Terakhir

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Bagikan Artikel: