Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Kampus Merdeka, UUS Bank Sinarmas Gandeng Universitas Brawijaya

Dukung Kampus Merdeka, UUS Bank Sinarmas Gandeng Universitas Brawijaya Kredit Foto: Bank Sinarmas
Warta Ekonomi, Malang -

Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah (UUS) Universitas Brawijaya, Malang melakukan kerja sama dalam rangka mewujudkan program “Kampus Merdeka” yang digagas oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.

Kampus Merdeka adalah sebuah program yang bertujuan untuk mempercepat inovasi di bidang Pendidikan melalui beberapa kegiatan pembelajaran, salah satunya melalui program magang/praktik kerja di industri.

Penyelenggaraan kerja sama ini bertujuan guna mendukung pelaksanaan program magang  secara khusus untuk Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, yang akan dikenal dengan sebutan Program Magang - Merdeka Belajar Kampus Merdeka (“Program MBKM”). Baca Juga: Akselerasi Gaya Hidup Digital, Bank Sinarmas Luncurkan Kartu Kredit Virtual Visa

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama dilakukan oleh Halim sebagai direktur Bank Sinarmas Unit Usaha Syariah (UUS) dengan Abdul Ghofar, SE, MSi, MAcc, DBA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya di Universitas Brawijaya Malang, Selasa (12/10/2021).

Dalam sambutannya, Halim mengungkapkan, terkait dengan kebijakan pemerintah untuk mengembangkan kurikulum MBKM, kerja sama ini menjadi sangat relevan dan penting.

“Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan untuk memajukan pendidikan dan aspek lain terkait perbankan. Semoga kerja sama ini dapat berkelanjutan dan memberi manfaat bagi mahasiswa Universitas Brawijaya maupun universitas-universitas mitra sehingga pendidikan Indonesia semakin berkembang,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Ghofar menuturkan, kerja sama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) dengan Bank Sinarmas ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi institusi maupun bagi mahasiswa. Dengan adanya kerja sama ini, pihak FEB UB memiliki mitra yang dapat membantu FEB UB mengembangkan kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.

"Kegiatan magang MBKM bersertifikat ini merupakan langkah awal untuk lebih meningkatkan interaksi yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia kerja. Dengan demikian, FEB UB dapat menghasilkan lulusan yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi," ucap Abdul Ghofar. Baca Juga: Respon PPKM, Bank Sinarmas Hadirkan Layanan Omnichannel Experience

Adapun dalam penerapan Kampus Merdeka, Bank Sinarmas UUS akan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya sebagai Perguruan Tinggi Negeri, mulai dari penyusunan kurikulum hingga penyelesaian program. Melalui Kampus Merdeka, mahasiswa tingkat akhir diberikan ‘kemerdekaan’ dan kesempatan untuk mengambil SKS di luar Perguruan Tinggi atau di luar program studi, selanjutnya mahasiswa dapat menjadi bagian dari program magang atau kerja praktik di unit-unit Bank Sinarmas UUS.

Program magang di Bank Sinarmas UUS akan berlangsung selama 6 bulan dan kegiatannya akan diekuivalensikan setara dengan 20 SKS. Pada program Kampus Merdeka, Bank Sinarmas UUS  berkontribusi sebagai penyedia kesempatan magang di industri pembangkitan kepada mahasiswa yang cakupannya adalah penyediaan mentor bagi mahasiswa, penyediaan perangkat magang termasuk proyek hingga studi kasus untuk dapat diselesaikan oleh mahasiswa selama proses magang berlangsung. Bahkan di akhir magang mahasiswa bidang teknik diberikan kesempatan mengikuti uji sertifikasi kompetensi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: