Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gus Jazil: Nilai Empat Pilar Agar Jadi Landasan Memilih Pemimpin

Gus Jazil: Nilai Empat Pilar Agar Jadi Landasan Memilih Pemimpin Kredit Foto: MPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan, para pendiri bangsa menempatkan rakyat pada kedudukan tertinggi. Sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, rakyat seharusnya memiliki hikmat dan kebijaksanaan ketika memilih. Karena itu, nilai-nilai ketuhanan, nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai persatuan, nilai-nilai permusyawaratan, dan nilai keadilan sosial agar menjadi landasan ketika memilih pemimpin.

"Di Indonesia kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Rakyat memiliki hak kedaulatan untuk memilih presiden, gubernur, bupati, walikota, anggota DPR, DPRD, DPD. Sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, rakyat seharusnya memiliki hikmat dan kebijaksanaan ketika memilih," kata Gus Jazil, sapaan Jazilul Fawaid, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Pergantian 3 Kapolda Strategis, Gus Jazil: Penegakan Hukum Era Pandemi Butuh Kerja Keras

Hal tersebut disampaikan Gus Jazil saat Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Karang Taruna Kurau Barat yang berlangsung di Warkop Lempah Kuning Aswaja, Desa Kurau Barat, Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (18/11/2020).

Menurut Gus Jazil, sering kali terjadi kedaulatan yang dimiliki rakyat dipertukarkan dan ditransaksikan sehingga marak money politic atau politik uang.

"Makna sila keempat adalah rakyat pemegang kedaulatan di negara ini. Kalau terjadi money politic, itu bukan salah pemimpinnya saja, tapi rakyat ikut salah. Tugas paling berat dari menegakkan demokrasi adalah menghilangkan parasit atau penyakitnya. Salah satunya adalah money politics," papar politisi PKB ini.

Gus Jazil juga mengingatkan bahwa setiap warga negara harus mengerti rukun bernegara. "Menjadi warga negara yang baik harus mengerti nilai-nilai apa yang dipegang oleh kita sebagai warga negara Indonesia, terutama Pancasila," ujarnya.

"Bahwa warga negara Indonesia tidak boleh melupakan Ketuhanan Yang Maha Esa. Semua nilai-nilai harus berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa. Karena itu, saya mengingatkan kepada pemimpin dan calon pemimpin, ketika dia memimpin, jangan lupa bahwa nilai pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Apapun yang dilakukan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan," katanya memberi contoh.

Gus Jazil menegaskan bahwa Pancasila telah mempersatukan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat, berbagai pulau, berbagai pikiran, dan bahasa. "Itulah yang mempersatukan Indonesia. Kalau ada yang mau mengganti Pancasila dengan ideologi yang lain, Indonesia pasti runtuh. Misalnya, komunisme mau mengganti Pancasila, Indonesia pasti runtuh karena Pancasila mengandung nilai-nilai yang mempersatukan," sambungnya.

Dalam konteks itu, lanjut Gus Jazil, penting untuk memahami dan mempraktikan Empat Pilar MPR. "Program sosialisasi Empat Pilar MPR menjadi penting karena kita saat ini menghadapi perang ideologi dan informasi, globalisasi, dan modernisasi. Ada kelompok yang kemudian menjadi sangat radikal, sangat keras, anti-ini dan itu. Itu menjadi tidak Pancasilais. Karena, budaya Pancasila adalah budaya dialog. Jadi, akar budaya kita adalah budaya dialog, bukan budaya konflik," jelasnya.

Gus Jazil menambahkan, Indonesia dibangun oleh permusyawaratan dan dialog antarwarganya. "Jika Empat Pilar tidak disosialisasi, takutnya ada kelompok yang ingin benar sendiri, menang sendiri. Ini berbahaya. Makanya dilakukan sosialisasi Empat Pilar MPR," tuturnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: