Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gus Jazil: Bung Karno Temukan Ruh Pancasila di Masjid

Gus Jazil: Bung Karno Temukan Ruh Pancasila di Masjid Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), berdiri Masjid Ar Rabithah. Meski masjid itu sudah mengalami beberapa kali pemugaran namun ia berdiri sejak tahun 1500-an.

Di masjid yang disangga 4 tiang atau pilar, saat diasingkan oleh pemerintah kolonialisme Belanda, dikatakan Bung Karno kerap beribadah. Dari sinilah masjid itu menjadi bagian dari situs Bung Karno di Ende.

Baca Juga: Gus Jazil: Situs Bung Karno di Ende Harus Dijaga Pemerintah

Di Ar Rabithah, Bung Karno tidak hanya menjalankan ibadah sholat lima waktu dan ibadah lainnya namun juga berkontemplasi untuk menemukan ruh keislaman dan kebangsaan.

“Ini yang tidak banyak diketahui oleh ummat Islam,” ujar Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid saat mengunjungi masjid itu.

Menurut politisi PKB ini, Bung Karno menemukan ruh Pancasila di masjid. “Intinya dari masjid sesungguhnya nilai-nilai pancasila ditemukan,” paparnya berdasarkan rilis yang diterima Rabu (29/7/2020).

Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mengatakan Islam menjiwai Pancasila. Islam menjiwai pasal-pasal yang ada di Pancasila.

Islam rahmatan nil alamin sudah dibuktikan oleh masyarakat Ende,” ujar pria yang akrab dipanggil Gus Jazil itu. Dari sinilah kehidupan masyarakat Ende yang beragam dapat hidup rukun dan damai. “Islam rahmatan nil alamin membuat Indonesia lestari dan kuat,” tambahnya.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: