Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gapki: UU Cipta Kerja Berikan Kepastian untuk Investasi Industri Sawit

Gapki: UU Cipta Kerja Berikan Kepastian untuk Investasi Industri Sawit Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Joko Supriyono, mendukung terbitnya Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja untuk lebih memberikan kepastian berusaha dan investasi di industri sawit.

Joko mengatakan, pengaturan dalam enam Peraturan Pemerintah (PP) yang sudah terbit secara umum sudah sesuai dengan tujuan dari diterbitkannya UU Cipta Kerja. Namun, dia menilai, beberapa PP masih memerlukan pengaturan detail dalam bentuk Peraturan Menteri sehingga tidak multitafsir dan memberikan kepastian berusaha.

Baca Juga: Ada Kelapa Sawit, Berikut Sejarah Unik Perkembangan Minyak Nabati Dunia

"Perlu ada pengaturan detail tentang penetapan tanah terlantar, pengaturan penetapan denda lingkup kehutanan, pengaturan strict liability dan kearifan lokal, penyelesaian tumpang tindih dengan kawasan hutan, dan juga kewajiban memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat," kata Joko Supriyono dalam acara silaturahmi dan diskusi yang digelar Gapki dengan pemimpin media, Kamis (4/3/2021).

Enam PP turunan UU Cipta Kerja yang terkait dengan industri sawit: (1) PP 20/2021 tentang penertiban kawasan dan tanah terlantar; (2) PP 22/2021 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup; (3) PP 23/2021 tentang penyelenggaraan kehutanan; (4) PP 24/2021 tentang tata cara pengenaan sanksi administratif dan tata cara penerimaan negara bukan pajak yang berasal dari denda administratif di bidang kehutanan; (5) PP 26/2021 tentang penyelenggaraan bidang pertanian; dan (6) PP 43/2021 tentang penyelesaian ketidaksesuaian antara tata ruang dengan kawasan hutan, izin dan/atau hak atas tanah.

Selain implementasi UU Cipta Kerja, Joko juga menyebutkan bahwa ada beberapa tantangan lain yang akan dihadapi industri sawit tahun 2021. Di antaranya, makin meluasnya kampanye negatif dengan fokus isu-isu deforestasi, no palm oil labelling pada produk makanan dan minuman, legislasi negara-negara Uni Eropa, dan sebagainya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: