Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Yoshihide Suga Selangkah Lagi Jadi PM Baru Jepang

Yoshihide Suga Selangkah Lagi Jadi PM Baru Jepang Kredit Foto: Reuters/Philip Fong
Warta Ekonomi, Tokyo -

Partai berkuasa Jepang telah memilih Yoshihide Suga sebagai pemimpin barunya, menggantikan Shinzo Abe. Terpilihnya Suga berarti dia hampir dipastikan akan menjadi perdana menteri baru Jepang berikutnya.

Suga menjabat sebagai kepala sekretaris kabinet dalam pemerintahan saat ini dan diperkirakan akan menang, menjadi perdana menteri baru Jepang menggantikan Shinzo Abe.Bulan lalu, Abe mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan.

Baca Juga: Ekonomi Jepang Menciut Lebih dari 28,1 Persen

Politikus senior berusia 71 tahun itu dianggap sebagai sekutu dekat Abe dan kemungkinan akan melanjutkan kebijakan pendahulunya.

Diwartakan BBC, Suga memenangi suara untuk kursi kepresidenan partai berkuasa, Partai Demokrat Liberal (LDP), yang konservatif dengan selisih besar. Dia memperoleh 377 dari total 534 suara dari anggota parlemen dan perwakilan daerah.

Setelah LDP memilih pimpinan barunya, parlemen Jepang pada Rabu (16/9/2020) akan menggelar pemilihan suara lagi untuk memilih perdana menteri. Suga akan bersaing dengan dua kandidat lainnya yang juga telah mengumumkan pencalonan mereka untuk jabatan tersebut, Fumio Kishidan dan Shigeru Ishiba.

Fumio Kishida menjabat sebagai menteri luar negeri di bawah Shinzo Abe, tetapi selama tiga tahun terakhir memimpin dewan penelitian kebijakan partai.Sementara Shigeru Ishiba adalah mantan sekretaris jenderal LDP dan pernah menjadi menteri pertahanan di kabinet Abe sebelumnya.

Suga diprediksi akan memenangi jabatan itu karena LDP memiliki suara mayoritas di parlemen.

Mengambil alih masa jabatan, Suga diperkirakan akan menyelesaikan sisa periode saat ini, hingga pemilihan umum pada September 2021.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: