Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Awas! PBB Punya Koalisi Baru yang Anggotanya China, Rusia, Korut, dan Iran

Awas! PBB Punya Koalisi Baru yang Anggotanya China, Rusia, Korut, dan Iran Kredit Foto: Shutterstock/Barry Tuck
Warta Ekonomi, Brussels -

China, Rusia, Korea Utara (Korut), Iran, dan sejumlah negara lainnya mencari dukungan untuk koalisi guna mempertahankan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan menentang penggunanaan atau ancaman kekerasan dan sanksi sepihak. Hal itu terungkap dalam surat yang dilihat oleh Reuters.

Langkah 16 negara dan Palestina untuk membentuk kelompok semacam itu terjadi ketika pemerintahan baru Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden meningkatkan keterlibatan multilateral dan sekutunya, berkebalikkan dengan pendekatan sepihak yang disukai mantan Presiden Donald Trump saat ia fokus pada kebijakan "America First".

Baca Juga: Tegas! Dewan Keamanan PBB Kutuk Kekerasan Terhadap Demonstran di Myanmar

Biden juga berjanji untuk menghadapi China di Perserikatan Bangsa-Bangsa, di mana Beijing telah mendorong pengaruh global yang lebih besar sebagai tantangan bagi kepemimpinan tradisional AS.

"Multilateralisme saat ini berada di bawah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang, pada gilirannya, mengancam perdamaian dan keamanan global," bunyi pernyataan sebuah catatan konsep untuk "Kelompok Teman dalam Mempertahankan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa," yang dilihat oleh Reuters, Jumat (12/3/2021).

Catatan konsep tersebut mengatakan: "Dunia sedang melihat resor yang berkembang menuju unilateralisme, yang ditandai dengan tindakan isolasionis dan sewenang-wenang, termasuk penerapan tindakan koersif sepihak atau penarikan diri dari perjanjian penting dan lembaga multilateral, serta dengan upaya untuk merusak upaya kritis untuk menangani. tantangan umum dan global."

Anggota pendiri lainnya adalah Aljazair, Angola, Belarus, Bolivia, Kamboja, Kuba, Eritrea, Laos, Nikaragua, Saint Vincent dan Grenadines, Suriah dan Venezuela.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: