Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jalur Maskapai Ryanair Dicegat Pesawat Tempur, Ini Reaksi Keras Uni Eropa ke Belarusia

Jalur Maskapai Ryanair Dicegat Pesawat Tempur, Ini Reaksi Keras Uni Eropa ke Belarusia Kredit Foto: Unsplash/Jordan Sanchez
Warta Ekonomi, Brussels -

Para pemimpin Eropa pada Senin (24/5/2021) mengancam akan membatasi lalu lintas udara internasional di langit Belarus dan kemungkinan membatasi transportasi daratnya, setelah sebuah pesawat penumpang Ryanair dipaksa mendarat dalam insiden yang dikecam oleh negara-negara Barat sebagai "pembajakan negara". 

Para pemimpin Barat menggunakan bahasa terkuat untuk mengutuk insiden pada Minggu (23/5/2021), di mana sebuah pesawat perang Belarus mencegat penerbangan antara Yunani dan Lituania dan memaksanya mendarat di Minsk, tempat seorang jurnalis pembangkang ditangkap.

Negara-negara menyerukan pembebasan Roman Protasevich yang berusia 26 tahun, yang umpan media sosialnya dari pengasingan telah menjadi salah satu outlet independen terakhir untuk berita tentang negara itu sejak tindakan keras massal terhadap perbedaan pendapat tahun lalu.

"Ini secara efektif adalah pembajakan penerbangan, yang disponsori negara," kata Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney. Ia menggunakan istilah yang digaungkan oleh sejumlah negara lain. Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde mengatakan: "Ini berbahaya, sembrono, dan tentu saja EU akan bertindak."

Kepresidenan Prancis mengatakan permintaan telah dikirim ke Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk menangguhkan penerbangan internasional di atas ruang udara Belarus. Upaya untuk melarang maskapai negara Belarus Belavia dari bandara Eropa juga akan dibahas, termasuk langkah-langkah yang tidak ditentukan terkait jaringan transportasi darat.

Sebuah maskapai penerbangan Latvia, airBaltic, menjadi yang pertama mengumumkan tidak akan lagi menggunakan ruang udara Belarus, dan Avia Solutions yang terdaftar di Siprus mengatakan maskapai penerbangannya yang berbasis di Lithuania akan melakukan hal yang sama.

Menteri transportasi Lituania, Marius Skuodis, mengatakan maskapai penerbangan Polandia LOT dan Hongaria Wizzair akan mengikuti keputusan itu dan mengumumkan bahwa semua penerbangan ke dan dari bandara Lituania mulai tengah malam GMT harus menghindari wilayah udara Belarus.

Namun, pilihan untuk tindakan pembalasan Barat tampak terbatas. ICAO yang berbasis di Montreal tidak memiliki kekuatan regulasi, dan EU tidak memiliki kewenangan atas penerbangan lepas landas dan mendarat di Belarus atau terbang di atas ruang udaranya, selain dari penerbangan langsung yang berasal atau mendarat di Eropa. Belarus sebelumnya telah mengabaikan sanksi keuangan Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: