Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gawat! Jika Perang Amerika vs China Pecah, Pakar Khawatir Peristiwa Tahun 1996 di Taiwan Bisa...

Gawat! Jika Perang Amerika vs China Pecah, Pakar Khawatir Peristiwa Tahun 1996 di Taiwan Bisa... Kredit Foto: AP Photo/US Navy/Michael Jarmiolowski
Warta Ekonomi, Bangkok -

Konfrontasi Amerika Serikat terhadap China diprediksi akan terjadi setelah posisi Taiwan semakin melemah. Kebijakan lama Washington yang memberikan dukungan politik dan militer untuk Taipei masih kurang menjanjikan untuk mempertahankan negara itu dari serangan Beijing.

AS dan China mungkin paling dekat dengan pukulan pada tahun 1996, ketika Beijing, kesal dengan apa yang dilihatnya sebagai peningkatan dukungan Washington untuk Taipei. China saat itu memutuskan untuk melenturkan ototnya dengan latihan yang termasuk menembakkan rudal ke perairan sekitar 30 kilometer (20 mil) dari pantai Taiwan, menjelang pemilihan presiden populer pertama Taiwan.

Baca Juga: Pakar Pertahanan: Amerika Sangat Mungkin Terpancing Aksi Militer China

AS menanggapi dengan unjuk kekuatannya sendiri, mengirim dua kelompok kapal induk ke wilayah tersebut. Pada saat itu, China tidak memiliki kapal induk dan sedikit sarana untuk mengancam kapal-kapal AS, sehingga mundur.

Tersengat oleh episode tersebut, China memulai perombakan besar-besaran militernya, dan 25 tahun kemudian, China telah secara signifikan meningkatkan pertahanan rudal yang dapat dengan mudah menyerang balik, dan melengkapi atau membangun kapal induknya sendiri.

Laporan Departemen Pertahanan AS (Pentagon) baru-baru ini kepada Kongres mencatat bahwa pada tahun 2000, mereka menilai angkatan bersenjata China sebagai "militer yang cukup besar tetapi sebagian besar kuno" tetapi hari ini adalah saingan, setelah melampaui militer Amerika di beberapa bidang termasuk pembuatan kapal sampai titik tertentu. di mana sekarang memiliki angkatan laut terbesar di dunia.

Menghitung kapal bukanlah cara terbaik untuk membandingkan kemampuan. Angkatan Laut AS memiliki 11 kapal induk dengan dua kapal induk China, misalnya.

"Tetapi jika terjadi konflik atas Taiwan, China akan dapat mengerahkan hampir seluruh pasukan angkatan lautnya, dan juga memiliki rudal anti-kapal berbasis darat untuk ditambahkan ke pertempuran," Henry Boyd, salah satu penulis penilaian Keseimbangan Militer tahunan Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS), Inggris, tentang angkatan bersenjata global.

“Konsep operasi China mengenai Taiwan adalah jika mereka dapat menunda kehadiran AS dalam pertempuran, atau membatasi jumlah yang dapat mereka gunakan untuk berperang karena kami dapat menahan aset mereka di tingkat risiko tertentu, mereka bisa mengalahkan Taiwan sebelum Amerika muncul dengan kekuatan yang cukup untuk melakukan sesuatu tentang hal itu,” katanya, dikutip Warta Ekonomi dari laman Associated Press.

Strategi Taiwan sendiri adalah cerminan, menunda China cukup lama agar AS dan sekutunya muncul dengan kekuatannya. Ini memiliki kekuatan militer yang signifikan itu sendiri, dan keuntungan dari pertempuran di kandang sendiri.

Sebuah makalah kebijakan baru-baru ini juga mencatat perlunya langkah-langkah asimetris, yang dapat mencakup hal-hal seperti serangan rudal terhadap amunisi China daratan atau pembuangan bahan bakar.

Penilaian departemen pertahanan Taiwan tentang kemampuan China, yang dipresentasikan ke parlemen pada bulan Agustus dan diperoleh oleh Associated Press, mengatakan China sudah memiliki kemampuan untuk menutup pelabuhan dan bandara Taiwan, tetapi saat ini tidak memiliki dukungan transportasi dan logistik untuk operasi pendaratan bersama skala besar – meskipun membaik dari hari ke hari.

Dalam kebijakan panduan strategis baru pekan lalu, Sekretaris Angkatan Laut AS Carlos Del Toro, mengidentifikasi China sebagai tantangan jangka panjang "paling signifikan".

“Untuk pertama kalinya dalam setidaknya satu generasi, kami memiliki pesaing strategis yang memiliki kemampuan angkatan laut yang menyaingi kami, dan yang berusaha secara agresif menggunakan kekuatannya untuk menantang prinsip, kemitraan, dan kemakmuran AS,” kata surat kabar itu.

China, selama akhir pekan Hari Nasional pada awal bulan, mengirim rekor 149 pesawat militer ke barat daya Taiwan dalam formasi kelompok penyerang - di wilayah udara internasional tetapi ke zona penyangga pulau itu, mendorong Taiwan untuk berebut pertahanannya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: