Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinyal Apa Nih! Netanyahu Ngaku Beda Pandangan dengan Biden, Soal Apa?

Sinyal Apa Nih! Netanyahu Ngaku Beda Pandangan dengan Biden, Soal Apa? Kredit Foto: Getty Images/Israeli Government Press Office/Amos Ben Gershom
Warta Ekonomi, Tel Aviv -

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada Senin (15/2/2021), mengakui perbedaan dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, atas masalah Iran dan Palestina. Meski ada perbedaan, dia yakin bersama Biden, mereka memiliki hubungan kerja yang sangat kuat.

"Kami juga memiliki banyak hal yang kami sepakati dan aliansi sangat kuat. Tapi ada juga perbedaan, tentang masalah Iran dan masalah Palestina juga," kata Netanyahu.

Baca Juga: Banyak yang Bertanya Mengapa Biden Urung Telepon Netanyahu, Eh Gedung Putih Menjawab...

Netanyahu menepis anggapan bahwa Biden sengaja mengecualikannya. Gedung Putih beberapa hari sebelumnya membantah bahwa Biden 'menghina' Netanyahu dengan tidak memasukkannya sejauh ini dalam panggilan telepon awal kepada para pemimpin asing sejak menjabat pada 20 Januari.

"Dia akan menelepon ... Kami telah memiliki hubungan persahabatan yang sangat kuat selama hampir 40 tahun, sejak saya datang ke Washington sebagai perwakilan diplomat Israel dan dia adalah senator muda dari Delaware," ujar Netanyahu  kepada saluran televisi Channel 12.

Netanyahu mungkin menemukan aliansi itu diuji jika AS memulihkan partisipasi dalam kesepakatan nuklir Iran dan menentang pembangunan permukiman Israel di tanah tempat Palestina mencari status kenegaraan. Kedua hal tersebut adalah masalah yang menjadi perhatian Donald Trump dalam mendukung Israel.

Ada spekulasi bahwa presiden Demokrat mungkin menandakan ketidaksenangan atas hubungan dekat Netanyahu dengan mantan Presiden Trump. Presiden sebelumnya itu menelepon pemimpin sayap kanan Israel dua hari setelah pelantikannya pada 2017.

Gedung Putih mengatakan Biden dan Netanyahu akan segera berbicara. Hanya saja belum ada tanggal pasti yang ditetapkan untuk pembicaraan antara kedua kepala pemerintahan itu.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: