Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Temui Dubes Perancis, Menkominfo Bahas Tiga Proyek ICT Strategis

Temui Dubes Perancis, Menkominfo Bahas Tiga Proyek ICT Strategis Kredit Foto: Kemenkominfo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menerima kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard. Dalam pertemuan tersebut, Menteri Kominfo dan Dubes Prancis mendiskusikan perkembangan kerja sama dan peran Perancis dalam tiga proyek strategis di Indonesia.

"Di antaranya yang pertama berkaitan dengan Satelit Multifungsi Satria 1 yang saat ini sudah di tahap akhir, mudah-mudahan financial closing bisa dilakukan dalam satu atau dua hari ini," ujar Menteri Johnny dalam Konferensi Pers usai pertemuan dengan Dubes Prancis Olivier Chambard, di Ruang KPCPEN Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Target Menkominfo 2021: Ketersediaan Talenta Digital 100 Ribu

Menurut Johnny, hal kedua yang berkaitan dengan pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) atau Data Center Pemerintah untuk implementasi electronic government.

"Yang saat ini proses pembahasan pembiayaannya, protokolnya, sedang dilakukan di tahap akhir antara Pemerintah Perancis dan Kementerian Keuangan serta Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)," jelasnya.

Untuk proyek ketiga, Menteri Kominfo dan Dubes Prancis Olivier Chambard membicarakan peran dan komitmen Pemerintah Prancis dalam membiayai Proyek TVRI untuk digital broadcasting system atau yang sebelumnya dikenal sebagai ITTS 3 (Improvement on Television Transmitting Stations).

"Pemerintah Prancis memberikan komitmennya yang kuat bahwa akan ikut serta dan berusaha agar pada 2 November 2022 nanti sudah tersedia dengan baik infrastruktur yang mendukung Analog Switch Off (ASO) dan dimulainya secara nasional digital broadcasting," tandasnya.

Menteri Kominfo menyatakan penyiapan infrastruktur yang mendukung ASO dan digital broadcasting sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Johnny menegaskan, pertemuan bersama Dubes Prancis merupakan bagian dari kunjungan sekaligus diskusi secara rutin antara pihak Prancis dan Kementerian Kominfo.

Selain Prancis, dua negara yang dimaksud adalah Jepang dan Amerika Serikat. Dari sisi teknis, Kementerian Kominfo telah melakukan evaluasi dan pertemuan rutin dengan pemerintah Prancis. "Selanjutnya, Kementerian Bappenas yang nanti akan menindaklanjuti diskusi bersama donor country atau negara-negara pemberi," tegas Menteri Johnny.

Sementara itu, Dubes Prancis Olivier Chambard berharap kerja sama dengan Indonesia melalui tiga proyek strategis itu segera terwujud. Sebab menurutnya, Indonesia dan Prancis telah lama menjalin hubungan kerja sama yang baik di berbagai bidang.

"Kita telah banyak diskusi, bagaimana mengembangkan kerja sama di bidang teknologi komunikasi. Kami berharap kerja sama ini berlanjut dalam pertukaran teknologi dan dukungan keuangan untuk mendukung Indonesia memanfaatkan momentum digitalisasi yang tengah berlangsung," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kominfo telah dua kali menerima kunjungan Pemerintah Prancis. Pertemuan pertama dilakukan tanggal 17 Juli 2020 bersama Dubes Prancis Olivier Chambard dengan agenda kerja sama transformasi digital. Pertemuan kedua pada 16 Desember 2020 yang dihadiri langsung oleh Menteri Urusan Perdagangan Luar Negeri dan Investasi Republik Prancis, Franck Riester.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: