Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendagri Ngamuk Otsus Papua Dituduh Gagal

Kemendagri Ngamuk Otsus Papua Dituduh Gagal Kredit Foto: Antara/Indrayadi TH
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri menegaskan tidak ada tudingan yang menyatakan Otonomi Khusus (Otsus) di Tanah Papua gagal, sangat tidak fair. Sebaliknya, dengan semua yang sudah diupayakan, Otsus sudah sangat membantu hanya saja kurang tersosialisasikan dengan baik.

"Sebenarnya tidak fair kalau dibilang gagal, permasalahannya itu kurangnya sosialisasi dari pemda itu sendiri sehingga menimbulkan miss komunikasi di masyarakat," kata Kasubdit Provinsi Papua & Papua Barat Ditjen Otda, Kemendagri Budi Arwan dalam diskusi virtual Human Studies Institute (HSI), Sabtu (8/8/2020).

Baca Juga: Pilkada Serentak saat Pandemi, Mendagri Tito Ingatkan: Tolong...

Ia pun menyebut Otsus bukanlah sekadar bagi-bagi uang dan akses politik. Ada hal lain yang tak kalah penting yakni program pembangunan daerah.

"Otsus bukan sekedar bagi-bagi uang ke daerah, tapi juga ada program-program membangun daerah," lanjut Budi.

Ia menekankan, ke depan semangat pembangunan daerah itulah yang harus dikawal agar bisa mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

"Harus ada niat yang kuat dan tulus dari semua pihak untuk mengawal Otsus. Sebenarnya sudah banyak pengawas dana Otsus, tapi entah kenapa masih juga belum menyentuh masyarakat bawah," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: