Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ikuti Jejak Perusahaan Orang Terkaya Dunia, Microsoft Juga Enggan Jual Teknologi Ini ke Kepolisian!

Ikuti Jejak Perusahaan Orang Terkaya Dunia, Microsoft Juga Enggan Jual Teknologi Ini ke Kepolisian! Kredit Foto: REUTERS/Charles Platiau
Warta Ekonomi, Bogor -

Microsoft enggan menjual teknologi pengenal wajah kepada polisi dan aparat penegak hukum, menyusul keputusan perusahaan milik orang terkaya dunia, Amazon.

Perusahaan besutan Bill Gates itu tak akan menjual perangkat lunak itu sampai ada peraturan yang mengatur pemakaian teknologi tersebut.

"Intinya, (penting) bagi kami untuk melindungi hak asasi manusia orang-orang ketika teknologi ini digunakan," kata Presiden Microsoft, Brad Smith, dilansir dariĀ Cnet, Jumat (12/6/2020).

Baca Juga: Kesaing Microsoft Team, Bos Slack Geram Merasa 'Dibunuh' dan Sindir Gak Sehat

Baca Juga: Sony Beberkan Tampilan Konsol Gim Baru, Ini Spesifikasi dan Estimasi Harga PS 5!

Advokat konsumen dan kelompok kebebasan sipil telah lama memperingatkan penggunaan teknologi pengenalan wajah. Dua tahun lalu, American Civil Liberties Union (ACLU) mulai meminta perusahaan teknologi berhenti menjual teknologi itu kepada pemerintah dan lembaga penegak hukum karena berpotensi menimbukan ancaman, khususnya terhadap imigran danĀ people of color.

Pengacara teknologi dan kebebasan sipil, Matt Cagle berujar, "ketika produsen pengenalan wajah menolak menjual teknologi itu karena sangat berbahaya, anggota parlemen tak dapat lagi menyangkal ancaman terhadap hak dan kebebasan kita."

Meski Microsoft dan Amazon tak lagi menjual teknologi penenalan wajah mereka ke pemerintah dan kepolisian, tampaknya Cagle dan para pembela kebebasan hak sipil belum cukup tenang.

"Kongres dan legislatif nasional mesti cepat menghentikan penegakan hukum yang menggunakan pengenalan wajah; sedangkan perusahaan seperti Microsoft harus bermitra dengan komunitas hak sipil, bukan menentangnya," jelas Cagle lagi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: