Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perkuat UMKM di Masa Pandemi, Pelindo III Gandeng Pemkot Surabaya

Perkuat UMKM di Masa Pandemi, Pelindo III Gandeng Pemkot Surabaya Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

Perusahaan negara (BUMN) terus mendukung langkah pemerintah untuk meningkatkan maupun kemajuan perekonomian dengan berbagai program sosial. Salah satu perusahaan milik negara yang bergerak dibidang jasa pelabuhan PT Pelindo III meningkatkan usaha UMKM dalam Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN pada UMKM mitra binaan Pelindo III.

Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, sebagai BUMN Pelindo III memiliki 2 program unggulan dalam mendukung UMKM yakni, program pendanaan UMKM melalui pembiayaan dan pembinaan usaha mikro dan kecil serta program TJSL yang merupakan program berkelanjutan melalui 4 pilar yaitu sosial, lingkungan ekonomi dan hukum dan tata kelola.  Baca Juga: Kinerja Keuangan Pelindo I: Omzet dan Cuan Saling Bertolak Belakang

Hal ini lanjut Edi, sudah menjadi bagian dari kewajiban Pelindo III sebagai BUMN memberi manfaat bagi masyarakat khususnya UMKM.

“Pelindo III yang BUMN merupakan bagian dari negara yang wajib turut membantu pemerintah mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, salah satunya yang kami lakukan adalah upaya bantuan pada UMKM melalui program pembiayaan dan TJSL kepada para UMKM di wilayah kerja kami khususnya Surabaya,” ujar Edi di Surabaya, Kamis (17/6/2021). Baca Juga: Belawan Sumbang Kenaikan Arus Peti Kemas Pelindo I

Terkait pemberian dua progam UMKM dari Pelindo III Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pihaknya menyambut baik langkah PT Pelindo III dalam bantuan bagi pelaku UMKM dimasa pandemi Covid-19 yang terus melanda di beberapa wilayah Indonesia termasuk Jatim. Baca Juga: Belawan Sumbang Kenaikan Arus Peti Kemas Pelindo I

Eri  sapaannya mengakui, selama ini jajaranya telah melakukan berbagai hal memajukan UMKM mulai dari kemudahan proses perijinan hingga mewajibkan jajarannya untuk menggunakan produk UMKM, namun upaya memajukan UMKM tidak bisa dilakukan oleh pihaknya sendiri, perlu dukungan oleh berbagai pihak, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara seperti Pelindo III. 

Eri berkeyakinan, apa yang telah dilakukan pihaknya dan Pelindo III pada UMKM Surabaya menjadi penguat pondasi ekonomi kota melalui UMKM.

“Kami telah melakukan berbagai upaya dalam mengokohkan UMKM kami namun tentu ini tidak bisa kami lakukan sendiri, dukungan dari berbagai pihak akan sangat bermanfaat bagi kemajuan UMKM. Karena kami sadar UMKM menjadi pondasi ekonomi dalam kondisi krisis seperti saat ini,” ungkap Eri.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: