Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bangkitkan UMKM Pascapandemi, Simak Strategi Kemenkop-UKM!

Bangkitkan UMKM Pascapandemi, Simak Strategi Kemenkop-UKM! Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pandemi Covid-19 membuat sektor koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terkena imbas yang cukup besar. Kementerian Koperasi dan UKM akan melakukan upaya serius dalam meningkatkan kekuatan UMKM pasca-pandemi nanti.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pihaknya akan menekankan tiga upaya transformasi yang perlu dilakukan koperasi dan UMKM ke depannya. Menurut Teten, transformasi tersebut menjadi formulasi tepat bagi koperasi dan UMKM.

Pertama, transformasi UMKM dari informal ke formal, karena saat ini masih banyak koperasi dan UMKM yang belum berbadan hukum. Dari badan hukum ini, Teten menyampaikan bahwa UMKM akan terus berkembang. Pasca-pandemi akan banyak muncul usaha mikro baru karena korban pemutusan kerja saat Covid-19 memilih untuk membuka usaha. Untuk itu potensi ke depan munculnya usaha mikro makin banyak.

"Strategi kami di kementerian, berupaya usaha mikro dan kecil ini tumbuh ke atas. Ditambah, masalah izin pendirian koperasi ini di Undang-Undang Cipta Kerja makin dimudahkan, sekaligus mendorong kesempatan UMKM naik kelas," ujar Teten dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/12/2020). Baca Juga: Biar Efisien, Komisi XI DPR Dukung Holding Pembiayaan UMKM

Transformasi kedua adalah transformasi digital. Teten menjelaskan, untuk marketing atau pemasaran nantinya akan lebih efisien bisnisnya lewat proses digital, termasuk dari sisi payment digital.

Dia bahkan bersyukur bahwa saat ini UMKM juga sudah dibantu oleh program Pasar Digital (PaDi) dan Kemenkop-UKM telah bekerja sama dengan sembilan BUMN, sehingga penciptaan peluang pasar bagi UMKM makin besar.

"Ini penting disiapkan UMKM untuk dihubungkan ke ekosistem digital," kata dia.

Transformasi ketiga adalah transformasi teknologi produksi. Teten menyebut hal ini penting agar UMKM memiliki daya siang. Dia pun mengeluhkan banyaknya market dalam negeri yang diserbu produk impor lewat e-commerce.

"Kalau UMKM mau bersaing, maka harus ada standarisasi global. Ini sedang terus kita rancang," ucapnya.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menuturkan bahwa pihaknya juga akan mendorong inisiatif dengan membangun rumah produksi bersama. Tujuannya agar UMKM bisa terus produksi secara bersama-sama meski tak memiliki pabrik sendiri.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: