Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Strategi BRI Dorong UMKM Naik Kelas

Ini Strategi BRI Dorong UMKM Naik Kelas Kredit Foto: Antara/Dedhez Anggara
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank Rakyat Indonesia (BRI) memastikan akan terus mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk naik kelas hingga bisa menembus pasar global. Sejumlah strategi pun dilakukan oleh bank pelat merah tersebut.

Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, mengatakan bahwa 80% nasabah BRI merupakan UMKM. Oleh sebab itu, pihaknya akan mengupayakan para pelaku usaha kecil tersebut bisa berkelanjutan, bahkan bertahan di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Duh! Laba Bersih BRI Anjok, Angkanya Gak Main-main

"Kami berikan pelatihan untuk mereka survive, bisa melangsungkan bisnisnya dengan baik," kata Handayani dalam webinar Ideafest 2020, Kamis (12/11/2020).

Para pelaku UMKM diarahkan untuk bisa mengenali bisnisnya, mulai dari kualitas produk, bisnis model, hingga pengembangan ke platform yang sesuai. Hal ini dilakukan untuk memberikan mereka pemahaman yang tepat mengenai marketing, packaging, tren, dan perencanaan harga.

"Jadi kita betul-betul lakukan pendampingan," tutur Handayani.

Handayani mengatakan, BRI juga memberikan pendampingan untuk pelaku UMKM bisa mengetahui kondisi kesehatan bisnisnya. Mulai dari kondisi finansial, momentum naik kelas, hingga persoalan mendapatkan pembiayaan.

"Supaya mereka engga terburu-buru ingin jadi besar padahal fondasi belum kuat. Serta biar saat banyak orderan enggak tiba-tiba ajukan pinjaman yang besar ke bank karena malah membuat mereka bisa terlilit utang," katanya.

Handayani menuturkan, pihaknya juga berupaya mendorong pelaku UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor, mengingat banyak produk buatan UMKM memiliki kualitas tinggi. Hal itu dilakukan lewat program BRILianpreneur yang menghubungkan UMKM dengan pembeli di luar negeri.

"Kami bantu untuk engage (meraih) ke buyer-buyer di luar negeri untuk punya akses ke hasil produk UMKM karena kan produknya tidak kalah bagus dengan para pemain di luar sana," tuturnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: