Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bea Cukai Kediri Gencarkan Edukasi Ekspor untuk Gairahkan Industri Mikro

Bea Cukai Kediri Gencarkan Edukasi Ekspor untuk Gairahkan Industri Mikro Kredit Foto: Bea Cukai
Warta Ekonomi, Kediri -

Program pemulihan ekonomi nasional (PEN) merupakan langkah strategis kebijakan pemerintah Indonesia dalam menanggulangi turbulensi ekonomi dalam negeri yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Salah satu program yang ditekankan adalah dengan menggiatkan industri mikro dan kecil untuk bisa memanfaatkan peluang menembus pasar global. Hal ini pula yang dilakukan Bea Cukai Kediri dalam dua kegiatan yang digelar pada 4 dan 6 November 2020.

Untuk mengggugah pengusaha mikro agar mampu menembus pasar Internasional, Rabu (4/11/2020), Bea Cukai Kediri memberikan edukasi dan pendampingan ekspor pada CV Mitra Karya Sejahtera yang berdomisili di Jombang. Produsen perkakas dapur dari bahan kayu memang telah berkeinginan untuk bisa melakukan ekspor.

Baca Juga: Bea Cukai Sita Ratusan Ribu Rokok Ilegal Setara Ratusan Juta Rupiah

Kepala Kantor Bea Cukai Kediri, Suryana mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, pihaknya menjelaskan segala sesuatu yang berkenaan dengan ekspor. "Mulai dari perizinan, standardisasi produk, tata laksana ekspor, serta import permitt di negara tujuan ekspor. Strategi Bea Cukai saat ini salah satunya adalah turut berkontribusi dalam PEN dengan menggiatkan industri UMKM yang berpotensi ekspor. Jadi, produk UMKM harus bisa dikenal di pasar global, tidak di pasar domestik saja."

Rasyid Usman selaku pemilik CV Mitra Karya Mandiri memberikan apresiasi atas langkah taktis yang diambil oleh Bea Cukai Kediri. Menurutnya, Bea Cukai Kediri sangat membantu dengan memberikan banyak informasi yang berkenaan dengan ekspor.

"Kami menyadari memang banyak yang harus dipelajari sebelum mengambil langkah untuk melakukan ekspor. Metode pembayaran, pemasaran, serta pemilihan agen untuk penanganan logistik. Namun, hal itu akan menjadi pelecut kami untuk bisa menjadikan produk kami eksis di pasar internasional," katanya optimis.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: