Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Palem Craft Bertahan di Era Covid-19 hingga Mampu Ekspor ke 5 Benua

Strategi Palem Craft Bertahan di Era Covid-19 hingga Mampu Ekspor ke 5 Benua Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ada hikmah tersendiri dari imbas virus Covid-19 yang merasuk ke dalam lini kehidupan. Seperti halnya mempercepat pengaplikasian teknologi dan digital di Indonesia.

Salah satu perusahaan yang diuntungkan dalam kondisi tersebut adalah Palem Craft, sebuah UMKM yang memproduksi barang-barang rumah tangga yang terbuat dari bahan-bahan alam seperti gedebong pisang, enceng gondok, dan biji-bijian.

Founder Palem Craft Deddy Effendy mengatakan, Work From Home (WFH) yang kini menjadi salah satu cara perusahaan untuk melindungi karyawannya dari virus Covid-19, justru membawa angin segar pada penjualan produknya.

Baca Juga: Rasio Entrepreneur RI Masih Rendah, Bos BRI Beberkan Jurus Pamungkasnya

Di masa ini, pemilik rumah atau konsumen cenderung memperhatikan furnitur yang ada di rumahnya. Akibat terlalu sering berada di rumah.

"Justru di masa WFH ini, grafik penjualan kami dari tahun 2017-2019 mengalami kenaikan. Pandemi ini membawa berkah untuk kami," kata Deddy dalam acara Kiat Inovasi Kreatif UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 bersama Warta Ekonomi, Kamis (8/10/2020).

Tidak hanya itu, pandemi ini juga mendorong adanya pengaplikasian digitalisasi dalam proses bisnisnya. Inovasi di bidang digital yang terus didorong tersebut membuat Palem Craft dapat memperkenalkan lebih jauh kekuatan produk yang dimilikinya di pasar lokal maupun internasional.

Deddy mengutarakan, strategi digital marketing dan inovasi juga dilakukan untuk terus bisa beradaptasi di tengah situasi baru ini. Misalnya dengan membuat katalog digital untuk memamerkan dan mencocokan furnitur yang akan dibeli oleh konsumen di berbagai sudut ruangan.

Langkah lain yang dilakukan dalam strategi marketing adalah membuat story atau cerita tentang bagaimana proses pembuatan dan darimana asal bahan baku produk yang dihasilkan. Strategi tersebut dilakukan untuk bisa memasuki pasar ekspor.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: