Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendagri Soroti Realisasi APBD Pemprov Sumut Dibawah 70 Persen, 8 Daerah Lainnya Juga Kena

Mendagri Soroti Realisasi APBD Pemprov Sumut Dibawah 70 Persen, 8 Daerah Lainnya Juga Kena Kredit Foto: Kemendagri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegur sejumlah pemerintah daerah di Sumatera Utara (Sumut) mengenai serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) rendah.

Berdasarkan catatan Mendagri, ada delapan daerah di Sumut dengan serapan APBD yang masih di bawah 50 persen.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Jokowi, Menteri Tito Karnavian Aman

Tito menyoroti realisasi belanja daerah yang masih di bawah 80 persen menjelang akhir tahun. Berdasarkan data yang ditampilkan Tito, realisasi belanja Pemprov Sumut masih Rp9,51 triliun dari total anggaran Rp13,9 triliun.

Sedangkan untuk jumlah realisasi penerimaan pendapatan baik dari dana transfer pemerintah pusat dan penerimaan asli daerah masih 79,35 persen.

"Di sini kita bisa lihat gap pendapat dan belanja. Sumut 79,35 persen , sedangkan realisasi belanja 68,28 persen. Ini artinya masih ada celah fiskal lebih kurang 11 persen, ini yang mungkin perlu digenjot 11 persen ini," ujar Tito saat pemaparan pada rapat Forkopimda di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman Medan.

Selanjutnya mantan Kapolri itu menyebut realisasi penerimaan APBD Kota Siantar yang masih rendah yakni berkisar 51 persen. Menurutnya, hal itu akan berpengaruh terhadap belanja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: