Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puncak Arus Balik Libur Nataru Diprediksi Terjadi Besok

Puncak Arus Balik Libur Nataru Diprediksi Terjadi Besok Kredit Foto: Antara/M Ibnu Chazar
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Ibu Kota DKI Jakarta dalam rangka libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 terjadi pada Minggu 3 Januari 2020. Sedangkan untuk prediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari tersebut sebanyak 205 ribu kendaraan.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, jumlah tersebut naik sebesar 18,5 persen jika dibandingkan dengan situasi lalu lintas (lalin) di massa new normal.

"Angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier atau utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Timur)," kata Dwimawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (1/1/2021).

Baca Juga: Arus Balik Mudik Natal, Tol Arah Jakarta Terpantau Lancar Jaya

Dwimawan menuturkan, pihaknya memprediksi kendaraan yang datang dari arah Timur mencapai 56,4 persen dari total lalin. Di samping itu, untuk arah Barat sebesar 21,2 persen, serta dari arah Selatan sebesar 22,4 persen.

Sementara itu, PT Jasa Marga. kata Dwimawan mencatat total 1,2 juta kendaraan meninggalkan Jakarta pada periode sembilan hari libur Natal dan Tahun Baru, atau sejak Rabu 23 Desember 2020 sampai Kamis 31 Desember 2020. Sementara itu, untuk kendaraan menuju Jakarta pada periode sembilan hari yang sama, Jasa Marga mencatat sebanyak total 1,1 juta kendaraan."Lalin yang meninggalkan maupun yang menuju Jakarta tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT barrier atau utama yang telah disebutkan sebelumnya," tuturnya.

Melihat hal tersebut, kata Dwimawan, masih terdapat sekitar 137 ribu kendaraan yang belum kembali ke Jakarta. Jumlah tersebut turut diprediksi masih akan bertambah dengan lalu lintas yang meninggalkan Jakarta pada periode Jumat sampai Minggu (1-3 Januari 2021). Sehingga prediksi untuk puncak arus balik menuju Jakarta pada Minggu 3 Januari 2021, mencapai 205 ribu kendaraan.

"Guna mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol, Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta dan memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Minggu, 3 Januari 2021, yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Natal dan Tahun Baru," ungkapnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: