Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pedoman 3M Kini Tersedia dalam 77 Bahasa Daerah, Nadiem: Penutur Bisa Lebih Dekat...

Pedoman 3M Kini Tersedia dalam 77 Bahasa Daerah, Nadiem: Penutur Bisa Lebih Dekat... Kredit Foto: Antara/Mohamad Hamzah
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan Pedoman Perubahan Perilaku Protokol Kesehatan 3M dalam 77 Bahasa Daerah. Protokol COVID-19 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Pedoman dalam bahasa daerah ini merupakan inisiatif dari Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Nadiem menyambut baik disusunnya pedoman 3M ini.

Baca Juga: Lawan Covid-19: Dukung Vaksinasi Yes, Disiplin 3M Harus!

"Saya menyambut baik dan juga terima kasih atas inisiatif yang diambil oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, bekerja sama dengan tim Satgas Penanganan COVID-19," kata Nadiem dalam peluncuran secara virtual, Rabu (2/12/2020).

Nadiem menilai, adanya pedoman 3M dalam bahasa daerah ini merupakan terobosan yang baik. Dia mengakui selama ini pedoman yang ada kerap menggunakan bahasa yang tinggi atau sulit dipahami warga daerah.

"Ditengarai pesan-pesan yang disampaikan oleh pemerintah melalui kampanye pencegahan penyebaran COVID-19 masih perlu ditingkatkan. Agar semakin mudah dipahami oleh masyarakat, antara lain karena bahasanya yang terlalu tinggi," ujar dia.

Mantan CEO Gojek itu berharap penerjemahan pedoman ini bisa membantu mempercepat penanganan COVID-19 di daerah-daerah. Apalagi penutur bahasa daerah kini juga bisa memahami pedoman protokol kesehatan dan sebagainya yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Para penutur bahasa daerah bisa lebih dekat dan memahami pedoman dan tergerak untuk menerapkan itu ke kehidupan sehari-hari," lanjut Nadiem.

Seperti diketahui, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: