Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Kualitas Perfilman, Kemendikbud Ajak Netflix Beri Pelatihan Ke Sineas

Tingkatkan Kualitas Perfilman, Kemendikbud Ajak Netflix Beri Pelatihan Ke Sineas Kredit Foto: Bernadinus Adi Pramudita
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng platform streaming on demand Netflix untuk memberikan pelatihan kepada sineas lokal, terutama penulis naskah atau scriptwritter agar mampu bersaing dalam kompetisi persaingan global.

Netflix berkomitmen mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia dengan berinvestasi sebesar US$1 juta (sekitar Rp 4 miliar) melalui beberapa inisiatif, seperti mengundang insan film Indonesia untuk mengikuti program "Script to Screen" di Hollywood. Dalam program tersebut, para peserta akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Baca Juga: Tak Berjaya di Golden Globe 2020, Netflix Justru Dinilai sebagai Pembawa Perubahan

"Terima kasih Netflix sudah ada komitmen sebesar 1 juta dolar US untuk pembangunan kapasitas kreativitas, itu tadi di LA mengenai scriptwritter kita dan juga akan mengadakan workshop di Indonesia dengan 100 penulis untuk melanjutkan pola pelatihan itu," ujar Mendikbud, Nadiem Makarim, di Gedung Kemendikbud, Kamis (9/1/2020).

Kemitraan ini akan berfokus pada pengembangan kemampuan kreatif yang meliputi penulisan kreatif (creative writing), pelatihan pasca-produksi, serta undangan untuk mengirim konsep cerita film pendek bagi para peserta pelatihan. Selain itu, akan ada juga pelatihan di bidang keamanan online (online safety), serta tata kelola untuk menghadapi pertumbuhan industri kreatif yang dinamis.

Selanjutnya, Netflix juga akan membawa beberapa ahli dan mitra lainnya untuk memberikan workshop mengenai pengembangan cerita dan penulisan skenario, sekaligus pelatihan pasca-produksi di Jakarta. Sebagai tahap akhir, Netflix dan Kemendikbud akan mengundang para peserta workshop untuk mengirimkan konsep cerita film pendek, dan pemenangnya akan memperoleh dana untuk memproduksi film mereka. 

Netflix juga akan mengadakan Online Safety Training Program bekerja sama dengan Family Online Safety Institute serta lokakarya untuk membantu menumbuhkan tata kelola industri kreatif yang tangkas bersama dengan World Economic Forum di Jakarta. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: