Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Percepat Transformasi Ekonomi, Jokowi Harap ISEI Lahirkan Gagasan-gagasan Baru

Percepat Transformasi Ekonomi, Jokowi Harap ISEI Lahirkan Gagasan-gagasan Baru Kredit Foto: Antara/Biro Pers dan Media Setpres
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) terus berpartisipasi aktif dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi dari Covid-19. Demikian mengemuka dalam kongres ISEI XXI dan Seminar Nasional 2021 yang digelar di Makasar, hari ini (31/8/2021) dengan mengusung tema “Peran ISEI dalam Penguatan Sinergi untuk Mengakselerasi Pemulihan Ekonomi Nasional di Era Digital”.

Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, dalam sambutan secara virtual menyampaikan harapannya kepada ISEI untuk menjadikan kondisi perekonomian nasional dan global yang membaik sebagai momentum untuk bersama-sama melakukan percepatan transformasi ekonomi. 

“Percepatan transformasi ekonomi membutuhkan sinergi berbagai pihak. Melalui kongres ISEI XXI ini, diharapkan lahir gagasan dan pemikiran-pemikiran maju untuk membantu bangsa dalam melalui masa-masa sulit pandemi Covid-19 ini,” ungkap Jokowi. Baca Juga: Jokowi: Penanganan Covid-19 Membaik, Prokes Harus Tetap Ketat

Sejalan dengan itu, Ketua Umum Pengurus Pusat ISEI, Dr. Perry Warjiyo, menyampaikan 3 aspek penting yang perlu diperkuat guna menghadapi peradaban baru akibat pandemi Covid-19. Pertama, digitalisasi. Akselerasi ekonomi dan keuangan digital nasional yang menjadi game-changer selama pandemi, serta digitalisasi di berbagai bidang lainnya.

"Kedua, inklusi, perlunya akselerasi inklusi ekonomi dan keuangan, pada UMKM dan sektor pertanian khususnya melalui klasterisasi, kewirausahaan, akses pembiayaan, dan digitalisasi. Ketiga, ekonomi hijau. Tekanan untuk ramah lingkungan semakin tinggi, sehingga perlu direspons melalui kebijakan reformasi struktural maupun digitalisasi," kata Perry.

Perry juga menyampaikan 4 strategi pokok yang perlu dijadikan program konkrit ISEI ke depan. Pertama, penguatan sinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Kedua, penguatan strategi untuk mendorong inovasi dan implementasi kebijakan reformasi struktural dalam mencapai Indonesia Maju. Baca Juga: Pilih Ketua Umum, ISEI Bakal Gelar Kongres XXI Minggu Depan

"Ketiga, percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan, dan bidang bidang lain (pendidikan, kesehatan, sosial) secara menyeluruh. Keempat, optimalisasi program pemberdayaan (empowerment) pengurus dan anggota ISEI di pusat dan daerah," tambahnya.

Sebagai rangkaian Kongres ISEI XXI pada hari ini juga digelar Seminar Nasional 2021 yang dihadiri oleh pembicara kunci, antara lain Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, dan Ketua Umum Kadin, M. Arsjad Rasjid.  Selain Seminar Nasional, Kongres ISEI XXI terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Call for Paper Indonesian Economic Journal, Joint International Conference, workshop riset, dan public lectures.  

Kongres ISEI XXI digelar selama 2 hari, mulai hari ini hingga 1 September 2021, dan bertujuan untuk, pertama, selain sebagai pertanggungjawaban kepengurusan PP ISEI periode 2018–2021 juga merupakan ajang pemilihan Ketua Umum PP ISEI berikutnya periode 2021-2024. Kedua, silaturahmi antaranggota dan pengurus ISEI di seluruh nusantara serta memperkuat basis pengelolaan organisasi.

Ketiga, meningkatkan peran aktif ISEI dalam mendorong kapabilitas akademis dan riset di perguruan-perguruan tinggi. Keempat, mendorong peran serta ISEI di dalam perumusan-perumusan kebijakan untuk menjawab berbagai tantangan ekonomi nasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: