Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mau Ada Uji Coba Yuan Digital Tahap 3, Kali Ini Siapa Ya Sasarannya?

Mau Ada Uji Coba Yuan Digital Tahap 3, Kali Ini Siapa Ya Sasarannya? Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Bogor -

Yuan digital China (DCEP) sudah menjalani uji coba setidaknya di dua kota, Suzhou dan Shenzhen. Namun, untuk tahap selanjutnya, tampaknya Hong Kong akan jadi sasaran uji coba mata uang digital itu.

MelansirĀ Forkast News, Jumat (8/1/2021), Hong Kong kabarnya akan bermitra dengan Bank Sentral China (PBOC) guna mengembangkan yuan digital dalam transaksi lintas negara.

"Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) sedang berdiskusi dengan unit penelitian Bank Sentral China (Digital Currency Institute) guna menguji coba DCEP sebagai bagian dari pengembangan mata uang digital," begitulah bunyi laporanĀ Forkast.

Baca Juga: Gegara Amerika, Saham 3 Raksasa Telekomunikasi China Segera Terdepak dari MSCI

Baca Juga: Diboikot dari Jaringan 5G Swedia, Huawei Ajukan Banding ke Pengadilan

Namun, belum ada rincian lebih lanjut mengenai kerja sama antara kedua pihak itu. Tanggal rilis resmi yuan digital pun belum kentara.

Meski begitu, jika benar akan ada uji coba yuan digital dengan Hong Kong, "Harapannya, akan terjadi kemajuan nyata pada 2021."

Apabila uji coba berhasil, maka Hong Kong akan jadi pasar luar negeri pertama di mana yuan digital berlaku sebagai alat transaksi.

Pada awal Desember 2020, Kepala Eksekuitf HKMA, Eddie Yue mengatakan, "HKMA sedang berdiskusi dengan PBOC tentang uji coba teknis yuan digital guna melakukan pembayaran lintas negara dan menyusun teknis yang sesuai."

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: