Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alhamdulillah! Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Meningkat 60%

Alhamdulillah! Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa Meningkat 60% Kredit Foto: Dompet Dhuafa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meningkatnnya kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kurban tidak surut meski di tengah pandemi Covid-19. Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa mencatat, keseluruhan hewan kurban secara nasional di lembaga tersebut tahun ini mencapai Rp76,9 miliar, meningkat signifikan sebesar 60% dibanding tahun sebelumnya.

Catatan tersebut dapat teraih tak luput dari hadirnya beberapa pilihan pembayaran kurban secara online atau memanfaatkan channel aplikasi digital. Adanya kemudahan akses dan pilihan variatif kurban online mendongkrak penghimpunan.

Baca Juga: Refleksi Kurban: Semangat Saling Menguatkan Hadapi Ancaman Resesi

Pada kurban tahun ini, Dompet Dhuafa dapat meningkatkan pencapaian penghimpunan kurban. Jumlah hewan kurban yang terhimpun pada periode 1441H/2020M sebanyak 42.126 ekor setara domba/kambing. Dengan raihan tersebut, Dompet Dhuafa mencatatkan pertumbuhan 71% dibandingkan tahun lalu.

Dari raihan angka tersebut, tim THK Dompet Dhuafa telah mendistribusikan daging kurban kepada lebih dari 2 juta penerima manfaat yang sudah terdata secara rinci di 33 provinsi dan 200 kabupaten atau kota di Indonesia, khususnya wilayah terpencil, tertinggal, terpelosok, hingga wilayah bencana. Dengan demikian, berkah daging kurban dapat terserap dan merata ke seluruh penjuru nusantara.

Zainal Abidin Sidik, Ketua THK Dompet Dhuafa periode 2020 mengungkapkan, target penghimpunan hewan kurban yang sebelumnya telah ditentukan adalah 45.000 setara doka secara nasional. Selain itu, Dompet Dhuafa Cabang mengalami peningkatan pencapaian perolehan dana kurban secara keseluruhan mencapai Rp16,7 miliar dengan pertumbuhan 177%. Hal itu seiring dengan bertambahnya jaringan Dompet Dhuafa di dalam negeri dan luar negeri.

Capaian tersebut, juga didukung kemudahan yang ditawarkan Dompet Dhuafa melalui kanal digital. Tahun ini, berkurban di Dompet Dhuafa dapat menggunakan pembayaran kurban melalui aplikasi WhatsApp Pay berbasis Virtual Account. Inovasi tersebut sebagai wujud kemudahan dan akses yang terjangkau bagi donatur atau pekurban. Melalui ponsel pintar, berbagai layanan seperti WhatsApp Pay, e-commerce dan lainnya, donatur tidak perlu menunggu lama dalam proses pembayaran donasinya. Hanya hitungan detik saja.

"Dompet Dhufa akan selalu menjaga kepercayaan para donatur dengan mengirimkan laporan langsung kepada donatur sehingga transparan dan integritas THK akan makin terjamin," ujar Zainal Abidin Sidik, Rabu(5/8/2020).

Nasyith Majidi selaku Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika mengapresiasi kinerja tim THK Dompet Dhuafa. Menurutnya, Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa hadir dengan melibatkan para mitra, donatur, maupun sosial investor untuk memberikan modal kepada peternak langsung dalam rangka memotong mata rantai proses kurban.

Mengingat program tersebut merupakan perwujudan dari model bisnis sosial yang turut mengangkat perekonomian peternak lokal binaan yang dulunya terbatas akan modal dan sasaran pasarnya. Dompet Dhuafa mengupayakan semua strategi bagi peningkatan kualitas peternakan mandiri dengan margin yang bisa dihasilkan cukup bagus dan bisa dinikmati oleh para peternak.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Agus Aryanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: