Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantan Ketua MK Ini Ungkap Miliarder Tiongkok Jack Ma Bisa Saja Jadi WNI

Mantan Ketua MK Ini Ungkap Miliarder Tiongkok Jack Ma Bisa Saja Jadi WNI Kredit Foto: Fortune
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dunia dihebohkan dengan hilangnya miliarder teknologi asal China Jack Ma selama lebih dari dua bulan. Kabar hilangnya Jack Ma juga memunculkan banyak spekulasi penyebabnya, diantaranya kritiknya terhadap pemerintah China.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie ikut memperhatikan kabar hilangnya sang konglomerat negeri tirai bambu ini. 

Baca Juga: Jack Ma Hilang, Warganet: Jangan-Jangan Diculik??

“Ada berita hilangnya Jack Ma dari publik selama bulan bulan trakhir setelah beredar berita tentang kritiknya terhadap pemerintahan RRC. Semoga tidak apa apa,” tulis Jumly di akun twitter @JimlyAs yang dikutip, Selasa 5 Januari 2021.

Senator asal DKI Jakarta ini menambahkan, ada baiknya bila ada solidaritas untuk membantu Jack Ma bila benar bermasalah dengan kritiknya terhadap pemerintah China.

“Baik juga jika dunia akal sehat bisa bantu selamatkan dan mesti ada negara yang tawarkan status bila perlu jadi warga negara. Kalo kita siap, WNI juga ok,” katanya.

Terlepas dari banyaknya spekulasi menghilangnya Jack Ma, Jimmly bergorap Ma sedang menutup diri.

“Semoga Jack Ma sendiri yang menutup diri untuk sementara waktu,” harapnya.

Sebelumnya dikutip dari Daily Mail, Senin 4 Januari 2021, salah satu taipan China ini blak-blakan mengkritik regulator keuangan dan perbankan milik negara itu dalam pidatonya di Shanghai, pada Oktober 2020.

Jack Ma menyerukan dilakukannya reformasi sistem yang menahan inovasi bisnis. Dia pun meminta perbankan China menyamakan aturan dengan dunia internasional.

Pidato itu diketahui membuat marah Pemerintah China. Yang memandang sebagai suatu serangan terhadap otoritas Partai Komunis. 

Bisnis Ma pun digoyang. Beijing memerintahkan perusahaan teknologi keuangan Ma, Ant Group untuk mengurangi operasinya. Jack Ma pun secara misterius menghilang dari acara TV Dragon pada November lalu, fotonya dihapus dari acara itu.

Seorang Juru Bicara Alibaba kepada Financial Times mengatakan, Jack Ma tidak lagi menjadi bagian dari juri acara pencarian bakat bisnis di TV tersebut.

Sejak saat itu pula tidak ada aktivitas di akun Twitter pribadi Jack Ma. Padahal sebelumnya, ayah tiga anak itu minimal rutin mem-posting cuitan tiga kali sehari.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: