Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PAN Pecah, dari Konflik Besan vs Besan, Kini Ayah vs Anak

PAN Pecah, dari Konflik Besan vs Besan, Kini Ayah vs Anak Kredit Foto: Antara/Reno Esnir
Warta Ekonomi, Jakarta -

Berawal dari persaingan dalam dinamika politik pemilihan ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) perseteruan Amien Rais dengan besannya, Zulkifli Hasan (Zulhas), kini justru lebih tampak sebagai konflik bapak-anak. Ini tak lain karena belakangan Mumtaz Rais lebih menonjol menyampaikan narasi tandingan atas ketidakpuasan kubu Amien Rais terhadap hasil Kongres PAN di Kendari lalu.

Mumtaz tampak bersemangat menangkis serangan pendukung Amien Rais terhadap kepemimpinan Zulhas dan menyampaikan serangan balik di saat yang bersamaan. Terakhir, Mumtaz melontarkan pernyataan menohok soal rencana pembentukan partai baru yang digagas pendukung Amien Rais.

Baca Juga: Partai Amien Rais Harus Rebut Pemilih PAN

Tidak hanya mempelesetkan nama PAN Reformasi sebagai PAN Halusinasi, dia menyebut partai tersebut tempat kumpulan para pengangguran. Mumtaz bahkan bernazar untuk berenang dari Pantai Kapuk sampai Labuan Bajo bila partai baru yang diklaim telah direstui bapaknya itu benar-benar terbentuk.

Refly Harun dalam video yang diunggah di saluran Youtube pada Rabu (2/9/2020) petang menilai apa yang terjadi pada PAN sebenarnya fenomena yang biasa terjadi pada partai politik di Indonesia. Menurut dia, fenomena tersebut menegaskan bahwa partai memang tidak pernah bergerak di bawah, melainkan hanya di tingkat elite kendati mengklaim adanya dukungan dari bawah.

”Saya tidak yakin ini pertarungan akar rumput, tetapi pertarungan antara elite-elite PAN yang berkuasa dengan mereka yang barangkali tersingkir. Pertarungan antara pengikut Zulkifli Hasan dengan pengikut Amien Rais,” ujar Refly dalam video berjudul ”Rais Versus Rais Perseteruan Anak Bapak!!”.

Meskipun begitu, Refly mengatakan konflik PAN ini tetap menarik untuk disimak kelanjutannya. ”Menarik melihat apakah Amien Rais berhasil memenuhi tantangan anaknya sendiri untuk membentuk PAN Reformasi dan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, serta terdaftar di Pemilu 2024,” ujar Refly.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: