Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Opung Luhut: GeNose Sudah Dapat Izin Edar

Opung Luhut: GeNose Sudah Dapat Izin Edar Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bakal menjadikan GeNose sebagai pelacak COVID-19 di transportasi publik, layaknya kereta api, bandara, pelabuhan, dan terminal.

Hal tersebut diutarakan dalam acara demo penggunaan 'GeNose' sebagai alat pendeteksi COVID-19, yang digelar di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2021).

Bahkan, cara penggunaan alat pendeteksi COVID-19 gubahan asli anak negeri itupun langsung dipraktikkan kepada Menko Luhut. Caranya yakni dengan mengembuskan nafas ketiga ke dalam kantung yang telah disiapkan. Hasilnya, Luhut dinyatakan negatif COVID-19.

"Alat GeNose ini telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," kata Luhut, hari ini.

Baca Juga: Februari, BUMN Ini Produksi 4 Juta Vaksin COVID-19

Baca Juga: Erick Thohir Jabat Gelar Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah

Luhut mengatakan, kelebihan dari alat ini di antaranya yakni mampu mendeteksi lebih cepat dengan harga yang relatif lebih murah dan akurasi di atas 90%.

Namun, dia menyarankan agar plastik yang digunakan pada alat ini dapat menggunakan bahan yang dapat didaur ulang, agar lebih ramah lingkungan.

Dia menegaskan bahwa ke depannya pemerintah akan menggunakan 'GeNose' di semua area publik seperti hotel, mal, bahkan di lingkungan masyarakat RT/RW.

Dengan harga alat yang hanya Rp62 juta dan harga tes per orang hanya sekitar Rp20 ribu, Luhut meyakini bahwa alat ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. "Jika pemakaian lebih banyak tentunya cost-nya akan semakin turun," kata Luhut.

Dia menegaskan, nantinya alat 'GeNose' ini akan terus dikembangkan sehingga mempunyai akurasi yang lebih tajam. "Dan tentunya kita harus bangga karena ini buatan Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Tegas! Bule Inggris Eks Napi Narkoba Diusir dari Bali

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: