Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Arus Balik Imlek, 114 Ribu Kendaraan Kembali ke ....

Arus Balik Imlek, 114 Ribu Kendaraan Kembali ke .... Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 114.110 kendaraan menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) melewati tol pada hari eprtama arus balik libur Tahun Baru Imlek, Sabtu (13/2/2021).

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, arah Timur, GT Cikupa, arah Barat dan GT Ciawi, arah Selatan.

"Total volume lalin yang menuju Jabotabek ini turun 10,6% jika dibandingkan lalin normal. Untuk distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 47,0% dari arah Timur, 31,9% dari arah Barat, dan 21,0% dari arah Selatan," kata Corporate Communication&Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru, Jakarta, Minggu (14/2/2021).

Baca Juga: Dapat Subsidi Tambahan, Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Akan Lebih Murah!

Baca Juga: Bayar Rp20 Ribu, Penumpang Kereta Api Bisa Tes COVID-19

Adapun rincian arus lalu lintas tersebut yakni, arah timur, GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 25.866 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 12,7% dari lalin normal.

GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 25.655 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 10,9% dari lalin normal. Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 51.531 kendaraan, turun sebesar 11,8% dari lalin normal.

Lalu, arah barat, lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 38.622 kendaraan, turun sebesar 6,1% dari lalin normal.

Arah selatan, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 23.957 kendaraan, turun sebesar 14,6% dari lalin normal.

"Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Tahun Baru Imlek terjadi pada hari ini, Minggu (14/02). Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari ini mencapai 154.079 kendaraan. Prediksi Volume lalin ini merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT barrier/utama yang telah disebutkan sebelumnya," tutup Heru.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Tanayastri Dini Isna

Bagikan Artikel: