Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kalah dari Habib Rizieq, Pengamat sebut Puan Maharani Tak Dapat Kepercayaan jadi Pemimpin

Kalah dari Habib Rizieq, Pengamat sebut Puan Maharani Tak Dapat Kepercayaan jadi Pemimpin Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Elektabilitas mantan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab lebih tinggi dari Ketua DPR, Puan Maharani dalam survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Survei yang dilakukan LSI dengan metode wawancara lapangan pada 25-31 Januari 2021 itu pun dinilai menunjukkan bahwa ketokohan Puan Maharani belum berpengaruh.

"Ketokohan Puan Maharani belum dianggap publik sebagai tokoh yang berpengaruh, meskipun populer tetapi belum mendapat kepercayaan publik dalam hal memimpin," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, Rabu (24/2/2021). Baca juga: Survei LSI, Habib Rizieq Kalahkan Puan dan Sejumlah Menteri Jokowi

Sementara Rizieq Shihab, kata dia, memiliki loyalis yang langsung pada ketokohannya.

"Itu pembeda keduanya," ucap Pengamat Politik Universitas Telkom Bandung ini.

Sekadar diketahui, dalam kategori Top of Mind di survei LSI itu, Habib Rizieq Shihab berada di urutan ke-15 dengan 0,2%. Selain Habib Rizieq, ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Golkar Dedi Mulyadi di urutan ke-15 dengan skor yang sama.

Sedangkan Puan Maharani hanya memperoleh 0,1% di urutan ke-16. Selain Puan Maharani, ada sejumlah tokoh di urutan dan skor yang sama.

Mereka adalah Presenter Najwa Shihab, Wali Kota Bogor Bima Arya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Faiq, Ariesta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Kemudian Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Wiranto, dan Said Aqil Siradj. Pada kategori itu, sebanyak 45,3% responden belum menjawab. Baca juga: Apa Penyebab AHY dan Gatot Ungguli Puan di Survei Capres 2024?

Pada kategori simulasi semi terbuka, Habib Rizieq juga unggul dari Puan Maharani, putri Megawati Soekarnoputri itu. Habib Rizieq di urutan ke-15 dengan 0,7%, sedangkan Puan Maharani di urutan ke-20 dengan 0,2%. Pada kategori ini, sebanyak 10,4% responden belum menjawab.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Bagikan Artikel: