Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berulah di Situs Suci, Ratusan Orang Ditangkap

Berulah di Situs Suci, Ratusan Orang Ditangkap Kredit Foto: Saudi Press Agency/Handout via Reuters
Warta Ekonomi, Riyadh -

Pasukan Keamanan Haji Arab Saudi menangkap sekitar 244 orang yang berusaha menyusup ke situs-situs suci untuk melakukan ibadah, yang bertentangan dengan tindakan protokol kesehatan dan pencegahan virus COVID-19.

Saudi Press Agency mengutip juru bicara Public Security mengatakan langkah-langkah tindakan hukum telah diambil terhadap mereka setelah mengumpulkan bukti.

Baca Juga: Begini Curhat Orang Indonesia yang Berhaji saat Pandemi Corona

Juru bicara tersebut meminta semua warga negara Saudi maupun ekspatriat, untuk secara ketat mematuhi peraturan yang dikeluarkan berkaitan dengan ibadah haji dan tidak berusaha memasuki situs-situs suci tanpa izin.

"Para petugas keamanan telah memperketat keamanan di dan sekitar situs suci untuk menegakkan peraturan ini dan menangkap para pelanggar," kata juru bicara tersebut.

Kondisi kesehatan jemaah haji adalah kriteria utama yang digunakan dalam memilih siapa saja yang akan diizinkan untuk mengikuti ibadah haji tahun ini.

Menurut laporan kantor berita pemerintah Saudi, proses seleksi dilakukan secara transparan dan berfokus pada kesejahteraan peserta.

Pemerintah Saudi memutuskan untuk membatasi jumlah calon jemaah dalam ziarah haji tahun ini, lantaran pandemi COVID-19 yang masih mengancam kesehatan masyarakat global.

Hanya warga negara yang sudah tinggal di Arab Saudi dan berusia di bawah 65 tahun, yang dibolehkan mengikuti ibadah haji tahun ini. Selain itu, jemaah juga wajib menjalani tes virus corona dan mengikuti karantina.

"Keputusan ini diambil untuk memastikan ibadah haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat, sambil menjakankan semua tindakan pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan," kata pernyataan Kementerian Kesehatan Saudi, dilansir dari Arab News, Rabu (29/7/2020).

Sekitar 2,5 juta jemaah mengikuti ibadah haji tahun lalu, di mana 1,8 juta orang di antaranya adalah jemaah yang berasal dari luar Kerajaan Saudi.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: