Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRI Fokus Selamatkan UMKM, Dirut: 2021 Mood-nya Masih Krisis

BRI Fokus Selamatkan UMKM, Dirut: 2021 Mood-nya Masih Krisis Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk optimistis menyambut tahun 2021 meski kondisi ekonomi dunia dalam ketidakpastian akibat pandemi. Pada tahun ini, perseroan fokus menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi dan penyaluran stimulus pemerintah.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pada tahun ini kinerja perseroan akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. 

Baca Juga: BRI Sudah Salurkan Dana Bantuan UMKM sampai Rp18,7 Triliun

"2021 mood-nya masih krisis, namun saya optimistis kinerja BRI akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Pada tahun ini, kita akan membangkitkan UMKM untuk menggerakkan kembali roda perekonomian nasional,” kata Sunarso dalam keterangan resmi, Senin (4/1/2020).

Sunarso menuturkan, UMKM memiliki peranan krusial terhadap perekonomian Indonesia. Tercatat, UMKM memiliki kontribusi 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Memberdayakan serta menyelamatkan UMKM, sama dengan menyelamatkan BRI dan menyelamatkan BRI sama dengan menjaga keberlanjutan perekonomian Indonesia,” tuturnya.

Per kuartal tiga 2020, BRI mampu membukukan laba bersih secara konsolidasian sebesar Rp 14,15 triliun dengan aset perseroan tumbuh 10,89% menjadi Rp 1.447,85 triliun. BRI juga telah menyalurkan kredit senilai Rp 935,35 triliun, sebesar 80,65% di antaranya disalurkan ke segmen UMKM.

Sepanjang 2020, BRI menjadi partner strategis pemerintah terkait penyaluran stimulus program percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN). BRI telah merestrukturisasi pinjaman senilai Rp 218,6 triliun kepada 2,8 juta debitur, menyalurkan subsidi bunga UMKM senilai Rp 5,5 triliun kepada lebih dari 6,6 juta penerima, menyalurkan KUR Mikro senilai Rp 116,9 triliun kepada 4,4 juta debitur dan KUR super mikro sebesar Rp 8,5 triliun kepada 972 ribu pelaku UMKM.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: