Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei Elektabilitas Partai Terbaru, Begini Hasilnya

Survei Elektabilitas Partai Terbaru, Begini Hasilnya Kredit Foto: GenPI
Warta Ekonomi -

Elektabilitas PDIP menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menempati urutan teratas dengan skor 15,8 persen. Hal itu berdasarkan Lembaga survei Polmatrix Indonesia.

Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto, mengatakan posisi PDIP masih unggul, sementara Golkar masuk ke papan tengah digantikan oleh NasDem.

Baca Juga: Ada yang Bakar Atribut Partai Demokrat, Orang PDIP Geram dan Kaget

Di bawah PDIP, Gerindra menyusul di peringkat kedua dengan skor 11 persen, PKB 9,4 persen, Partai Demokrat 9 persen, PKS 5,7 persen.

PSI 5,2 persen, NasDem 5 persen, Golkar 4,7 persen; PPP 2,5 persen, dan Partai Ummat 1,5 persen.

“Golkar tersalip oleh NasDem, sementara PDIP tetap unggul, dan PSI stabil,” ujar Dendik dalam keterangannya, Minggu (5/12).

Dia menjelaskan, elektabilitas Golkar turun keterkaitannya dengan Airlangga Hartarto sebagai Ketua DPP Golkar masih relatif rendah dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya.

Golkar, katanya, pada survei-survei sebelumnya memperoleh skor elektabilitas 8-9 persen dan biasanya menempati urutan tiga teratas, kata Dendik.

Untuk elektabilitas NasDem yang naik dari 3-4 persen menjadi 5 persen, katanya, itu kemungkinan dipengaruhi oleh hubungan dekat Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Pendekatan Surya Paloh terhadap Anies Baswedan sebagai salah satu capres terkuat turut mengerek kenaikan elektabilitas NasDem,” ungkapnya.

Baca Juga: Nahloh, Orang PDIP Minta Reuni 212 Dibatalkan karena...

Dari hasil itu, Dendik menilai kemungkinan ada dua poros kekuatan politik yang kuat, yaitu PDIP-Gerindra dan NasDem.

PDIP, kata Dendik, memiliki stok calon presiden yang cukup banyak, antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Sementara itu, Gerindra memiliki dua calon kuat, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Ekonomi dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Adrial Akbar

Bagikan Artikel: