Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Soal Reshuffle Kabinet Pak Jokowi, PDIP Usulkan Waktu yang Tepat: Biar Hati Tak Tergores

Soal Reshuffle Kabinet Pak Jokowi, PDIP Usulkan Waktu yang Tepat: Biar Hati Tak Tergores Kredit Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Warta Ekonomi, Jakarta -

Reshuffle kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin hampir pasti dilakukan. Namun kapan waktunya, masih rahasia. Tapi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusulkan, sebaiknya setelah Hari Raya Idul Fitri

berpendapat sesudah Lebaran saja,” usul Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga di sela-sela diskusi dengan tema: "Membaca Peta Parlemen Pasca reshuffle Kabinet Jilid II" di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Reshuffle Jilid II Makin Dekat, PDIP Kepedean: Kalau Ditambah Alhamdulillah

Dia beralasan, ketika bongkar pasang kabinet dilakukan setelah Lebaran, akan lebih menghargai para menteri yang sedang menjalani ibadah puasa. “Supaya tidak membuat hati siapa saja tergores. Kalau habis Lebaran, sudah bermaaf-maafan dan bersilaturahmi. Lebih enak dilihatnya,” ujarnya.

Namun, sekali lagi, kata Eriko, itu hanya usulan. Semua tergantung pada Presiden Joko Widodo yang memiliki hak prerogatif mengganti para pembantunya.

Mengenai siapa figur yang akan dipilih atau diganti, dia menyerahkan semua kepada Jokowi. Menurutnya, Jokowi pasti sudah mengetahui, siapa tokoh yang layak mendapatkan kursi menteri dan siapa saja menteri yang kinerjanya buruk. “Kita jangan mendikotomikan orang politik atau dari luar partai politik. Itu tidak profesional,” tukasnya.

Ditegaskan, PDIP pantang cawe-cawe dan lebih berhatihati dalam urusan reshuffle kali ini. Yang terpenting saat ini adalah, bagaimana pemerintahan Jokowi bisa berjalan dengan baik dan menjalankan aspirasi rakyat. Sebab, tingkat elektabilitas Jokowi beriringan dengan PDIP.

Jika elektabilitas Jokowi menurun, elektabilitas PDIP juga ikut turun. Untuk itu, menuju 2024, PDIP sangat bergantung pada apa yang dikerjakan Jokowi. “Itulah kenapa kita cuek, tidak bereaksi untuk berkeinginan di pemerintahan. Bagi kita, hasilnya baik bagi masyarkat,” tandasnya. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Alfi Dinilhaq

Bagikan Artikel: