Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ketum Inovator 4.0: Inovasi dan Renovasi Gagasan Masuk ke Ranah Politik

Ketum Inovator 4.0: Inovasi dan Renovasi Gagasan Masuk ke Ranah Politik Kredit Foto: Ferry Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dengan tuntutan jaman mengharuskan kaum muda saat ini untuk terus berkreasi dan berinovasi. Namun patut diingat, inovasi yang dilakukan tak hanya dilakukan di bidang ekonomi, sosial, teknologi dan kemasyarakatan saja. Inovasi juga harus menyentuh wilayah atau ranah politik.

"Saya titip pada kaum muda agar ada juga inovasi dan renovasi gagasan yang masuk dalam wilayah politik. Politik di sektor publik," ujar Ketua Umum Inovator 4.0, Budiman Sudjatmiko saat berbicara dalam diskusi via  Zoom Meeting The 19th Leaders Dialogue dengan tema 'National Talkshow The 19th Leaders Dialogue's' di Jakarta, Rabu (30/9). Baca Juga: Dokter Tirta Bongkar Semuanya: Pandemi Ditunggangi Politik, Istana Bereaksi

Lanjutnya, ia mengatakan mengapa wilayah politik, terutama politik di sektor publik perlu juga inovasi dan renovasi? Politisi PDIP ini menyebut, hal ini perlu lantaran jika politik tidak ikut direnovasi, inovasi yang dijalankan di semua bidang akan terbentur birokrasi.

"Sebelum ada gap, benahi wilayah politik untuk mendukung inovasi ini. Jika tidak, dikhawatirkan akan terjadi diskoneksi atau sekat personalisasi," ujarnya

Budiman mencotohkan, salah satu inovasi yang kini tengah digenjotnya adalah Koperasi Satelit Desa Indonesia (KSDI).

KSDI ini nantinya akan meluncurkan beberapa produk untuk menyambungkan internet hingga ke desa-desa. Mulai dari jaringan internet yang diberi nama Telkodesa hingga pembuatan BUMD yang akan menyediakan semua kebutuhan terkait jaringan internet. Dan untuk keperluan tersebut, KSDI bahkan merencanakan pada 2022 akan meluncurkan satelit sendiri.

"Hal seperti ini kan butuh juga renovasi di wilayah politik publik," ujar Budiman.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: