Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

MUI Teriak ke Dunia Minta Hukum Israel Seberat-beratnya karena Alasan Ini

MUI Teriak ke Dunia Minta Hukum Israel Seberat-beratnya karena Alasan Ini Kredit Foto: Antara/REUTERS/Raneen Sawafta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada seluruh negara untuk menekan Israel dengan dijatuhi sanksi internasional. Penyebabnya, karena Israel telah menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa pada Jumat (7/5/2021).

Seruan ini disampaikan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangannya, Sabtu.

Baca Juga: Innalillahi, Kebiadaban Israel di Tanah Yerusalem Bikin Negara-negara Arab Gatal

"Langkah empati dan konstruktif ini juga bisa dilakukan oleh negara-negara Uni Eropa dan lain-lain. Bersama-sama negara-negara ini bisa melakukan tekanan internasional terhadap Israel melalui PBB. Jika diperlukan, Israel diberi sanksi internasional," ujarnya.

Polisi Israel, Jumat (7/5/2021), menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah pemuda Palestina di Masjid Al-Aqsa Yerusalem. Hal ini terjadi di tengah kemarahan yang meningkat atas potensi penggusuran warga Palestina dari tanah yang diklaim para pemukim Yahudi di wilayah Sheikh Jarrah.

Menurut petugas medis Palestina dan polisi Israel, sedikitnya 205 warga Palestina dan 17 petugas terluka dalam bentrokan malam hari di situs paling suci ketiga Islam dan di sekitar Yerusalem Timur itu.

Ribuan warga Palestina berhadapan dengan beberapa ratus polisi Israel. Ketegangan meningkat di Yerusalem dan Tepi Barat yang diduduki selama bulan Ramadan.

Bentrokan terjadi setiap malam di Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur, kawasan tempat banyak keluarga Palestina menghadapi penggusuran dalam kasus hukum yang sudah berjalan lama.

Menurut Sudarnoto, penyerangan militer dan ekstremis kanan Yahudi terhadap warga Palestina yang melaksanakan ibadah di Masjid Al-Aqsha adalah tindakan biadab. Penyerangan ini membuktikan dengan kasat mata, otoritas Isreal memang tidak akan pernah menghentikan spirit imperialis dan kolonialismenya.

"MUI mengecam keras tindakan brutal ini. Sudah waktunya negara-negara besar seperti Amerika untuk segera mengambil inisiatif mengingatkan dengan keras Israel untuk menghentikan tindakan tindakan biadabnya. Di bawah kepemimpinan Joe Biden, Amerika berpeluang besar menekan Israel. Ini kesempatan Amerika," kata dia.

Sudarnoto juga mendorong Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk segera mengambil langkah responsif dan melakukan konsolidasi secara efektif, menghentikan pertentangan dan membangun perdamaian sejati.

"Persatuan negara-negara anggota OKI sangat penting," katanya. 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: